Majelis Taklim Amanah Semarang

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
Klaim Pengelola Lembaga Kirim Pesan ke Pengelola Lembaga
 
Majelis Taklim Amanah Semarang

Profil
Majelis taklim Amanah ini berdiri sudah cukup lama yaitu sejak tahun 1990-an. Berawal dari keprihatinan Ibu Khunayatun dan Ibu-ibu di perumahan pandana karena kurangnya jalinan silaturahmi diantara mereka karena perumahan Pandana yang termasuk wilayah perkotaan sehingga masyarakat rata-rata bersifat individual juga pengetahuan ilmu agama yang rendah menyebabkan pengamalan dalam beribadah juga hanya pas-pasan, seperti membaca dan mengkaji Al-Qur’an, solat, puasa, mujahadah dan shodaqoh. Hal ini diperkuat oleh latar belakang pendidikan dan pekerjaan ibu-ibu yang berbeda-beda. Sehingga diharapkan mampu meningkatkan pemahaman keagamaan para jamaahnya. Saat ini majelis taklim Amanah telah mengalami perkembangan yang cukup baik di buktikan dengan adanya pengajian bulanan (forum besar) dan mingguan (forum kecil).

Ketua majelis taklim Amanah sudah mengalami pergantian lima kali diantaranya yaitu ibu Hj. Khunayatun dipercaya sebagai ketua majelis taklim yang pertama setelah tiga tahun kemudian digantikan oleh ibu Hj. Sri Nuryanah setelah itu diganti lagi oleh ibu Hj. Umul Baroroh kemudian jabatan ketua diserahkan kepada Ibu hj. Udiyana dan terakhir jabatan ketua dipegang oleh ibu Hj. Elvy Imam Yahya sampai sekarang.

Setelah majelis taklim Amanah berjalan di rasa masih kurang karena masih banyaknya para jamaah yang kurang pas dalam membaca Al-Qur‟an. Sebagian jamaah ada yang belum mahir dalam menerapkan tajwid dan 81 makhorijul hurufnya maka Pada Tahun 2005 terbentuklah pengajian Darul Qur‟an yang berisi pembelajaran baca Al-Qur‟an sesuai kaidah yang benar yang bertempat di Masjid Al-Ikhlas Perumahan Pandana.

Visi dan Misi
Visi
 “ Membangun umat Islam yang beraqidah shohihah, Bermanhaj Ahlus Sunnah Sesuai dengan pemahaman Sahabat dan Salafus Sholeh dan Berakhlaq Karimah”
Misi
a. Menumbuhkan rasa cinta, syukur dan ikhlas serta tawakal kepada Allah SWT dengan hanya mengharap keridhoan dari-Nya.
b. Menumbuhkan kecintaan kepada Rasulullah Saw. dengan menjalankan sunnahnya guna mendapatkan syafa‟atnya di hari akhir.
c. Meningkatkan pemahaman keagamaan dengan dzikrullah dengan penuh keimanan.
d. Mengedepankan rasa persatuan daan kesatuan serta persaudaraan sesama umat islam (ukhuwah islamiyah).

Struktur Organisasi
Ketua : Ibu Hj. Elvy Imam Yahya
Sekretaris : Ibu Hj. Muiz Azzahra
Bendahara : Ibu Bambang

Kegiatan
1. Pengajian harian
Bertepatan di masjid Al-Ikhlas yaitu belajar membaca A-Qur‟an dilaksanakan setiap hari Senin sampai Kamis, Dari pukul 10.00 wib sampe dzuhur kemudian sholat zhuhur berjamaah. Kecuali pada hari Rabu dilaksanakan pukul 9 pagi26.Ketika salah satu jamaah ada yang telah menghatamkan Al-Qur‟an maka maka diadakan khataman bersama dilanjut dengan pembacaan tahlil. Setelah selesai maka jamaah yang telah khatam al-Qur‟an tersebut mengulang dari awal agar lebih lancar lagi dalam membaca al-Qur‟an.27 Pada pengajian al-Qur‟an setiap hari senin dipimpin oleh ibu Mukhofin, pada hari selasa oleh ibu Mubayinah, hari rabu ibu Nisa, dan hari kamis oleh ibu Muhid. Tidak 25 Hasil interview dengan ibu Mubayinah selaku pengajar ngaji AlQur‟an (18 oktober 2017) 26 Hasil interview dengan Ibu Prasetio selaku peserta mengaji AlQur‟an ( 8 Mei 2017) 27 Hasi interview dengan Ibu Mubayinah selaku pengajar Al-Qur‟an (18 oktober 2017) 97 hanya menggunakan Al-Qur‟an tapi juga kegiatan tanya jawab serta buku tajwid stiap hari Kamis.
2. Pengajian bulanan
Penyelenggaraan pengajian dilaksanakan sebulan sekali di rumah salah satu jamaah secara bergilir atau bergantian dan tuan rumahlah yang menentukan kapan hari yang tepat untuk melaksanakan pengajiannya.
3. Pengajian hari-hari besar
Penyelenggaraan pengajian tidak hanya pada hari-hari biasa, tapi dilaksanakan bertepatan pada harihari besar dalam Islam seperti pada bulan Syawal, Isra‟ mi‟roj, dan maulid Nabi, biasanya penceramah merupakan undangan dari luar perumahan Griya Pandana. Dengan tema atau isi ceramah disesuaikan dengan keadaannya.

Alamat
Perumahan Griya Pandana Merdeka Ngaliyan:
Jalan Prof Hamka Purwoyoso Semarang Jawa Tengah
Kode Pos: 50134