Panti Asuhan Daarul Hasanah Karawang

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
Klaim Pengelola Lembaga Kirim Pesan ke Pengelola Lembaga
 
Panti Asuhan Daarul Hasanah Karawang

Profil
Panti sosial asuhan anak (PSAA) Daarul Hasanah didirikan sebagai pengembangan kegiatan sosial yang dilaksanakan oleh Yayasan Daarul Hasanah. Yayasan Daarul Hasanah didirikan oleh Ir. H. Mansyur seorang Purnawirawan TNI AD pada tahun 2001. Pemikiran mendirikan Yayasan tersebut diawali oleh keprihatinan melihat banyak anak-anak usia sekolah di kampung kelahirannya, banyak anak usia sekolah yang tidak sekolah karena tidak mampu membayar kebutuhan sekolah dan keperluan lainnya.

Melihat kenyataan tersebut, H. Mansyur tergerak untuk membuat wadah atau tempat seperti Yayasan yang bisa membantu anak-anak putus sekolah supaya bisa melanjutkan kembali sekolah mereka. Hal ini dapat dilaksanakan setelah yang bersangkutan memenuhi masa pensiun dari TNI AD. Hal lain yang menginspirasi H. Mansyur adalah adanya wasiat dari Alm Ayahhanda, H. Hasan Yaitu agar menyisihkan sebagian peninggalan Almarhum, untuk membantu anak-anak yatim dan Dhuafa.

Kedua hal itulah yang membulatkan tekad H. Mansyur untuk mendirikan Yayasan yang bergerak di bidang kegiatan sosial untuk membantu para anak yatim dan Dhuafa. Berawal dari pemberian santunan berupa, bantuan SPP dan perlengkapan pendidikan lainnya, kemudian berkembang dengan mendirikan Panti Sosial Asuhan Anak dalam rangka lebih mengefektifkan pemberian bantuan dan pengasuhan.

Pada bulan Juni Tahun 2010, Panti Sosial Asuhan Anak Daarul Hasanah diresmikan oleh Dinas Sosial Kab. Karawang. Dengan demikian PSAA Daarul Hasanah telah berpartisipasi aktif membantu pemerintah dalam menangani masalah sosial khususnya yang berkaitan dengan anak-anak terlantar yang tidak mendapat asuhan dari orangtua atau keluarganya. Mereka ditampung dalam suatu pemondokan dengan diberi pelayanan, bimbingan dan pendidikan formal maupun non formal.

Visi Panti Daarul Hasanah
Menjadi tempat untuk membina dan meningkatkan kemampuan dan kepribadian anak asuh agar menjadi orang yang mandiri dan memiliki akhlak terpuji.

Misi Panti Daarul Hasanah
1. Membekali anak asuh dengan pendidikan dan keterampilan yang cukup melalui pendidikan formal maupun non formal.
2. Menyiapkan anak asuh menjadi manusia yang memiliki kepribadian dan akhlak yang baik melalui bimbingan mental dan keagamaan.

Tujuan Pendirian Panti Daarul Hasanah
1. Turut serta secara aktif membantu pemerintah dalam memberdayakan anak-anak terlantar yang tidak memungkinkan mendapat asuhan dari orangtua atau keluarganya.
2. Memberikan pelayanan, bimbingan dan pendidikan baik formal maupun non formal bagi anak yatim, piatu, yatim dan dhu’afa dalam lingkungan panti sosial yang legal sesuai standar yang ditentukan.

Struktur Organisasi
Penasihat
1. Mayjen (Purn) Ir. H. Mansyur
2. H. Dudung M. Noch
3. KH. A. Mustain Zarkasyih
Kepala Panti
Hj. Yeni Kaafriani
Wakil Kepala
Didi Abidin
Sekretaris
Saeful Rohmat, S.Pd. M.Pd
Bendahara
Yayah Navitri, SE
Ketua Bidang Pengembangan
Indra Pramudiana, ST., MM.
Ketua Bidang Hubungan Masyarakat
Wawan Hendrawan
Ketua Bidang Pendidikan
Yudi Wahyudi, S.Ag
Anggota :
Ust. Muhammad Suha
Ny. Yosinah
Ketua Bidang Rumah Tangga
Nasrullah
Anggota :
Ny. Mintarsih
Kohar
Pekerja Sosial
Dinni Furi Lestari SST.

Fasilitas
1. 1 ruang kantor
2. 8 kamar diantaranya 4 kamar putra dan 4 kamar putri
3. 1 aula untuk kegiatan keterampilan dan pelatihan untuk klien
4. 1 mushola untuk kegiatan salat berjamaah dan mengaji.
5. 1 ruang belajar untuk kegiatan belajar
6. Kamar mandi terdiri dari 5 kamar mandi untuk putra dan 5 untuk putri.
7. 2 unit komputer
8. 2 meja kantor
9. 1 lemari untuk arsip
10. 1 filing cabinet
11. 1 set kursi untuk menerima tamu/ donatur
12. Dokumentasi panti (buku tamu, buku donatur, dll)
13. Kegiatan-kegiatan pelayanan yang terdiri dari ruang tidur, ruang makan, dapur, kamar mandi dengan perlengkapan yang diperlukan.
14. Kegiatan bimbingan dan Mushola
15. Kantor operasional pengurus

Alamat
Jl. Suhud Hidayat No. 7 RT. 01 RW. 02 Gorowong, Adiarsa Timur. Karawang, Jawa Barat
Kode Pos:  41313
Telepon: (0267) 405569