KH Anwar Zahid: Hidup adalah Tentang Cara Menikmati dan Mensyukuri

 
KH Anwar Zahid: Hidup adalah Tentang Cara Menikmati dan Mensyukuri

LADUNI.ID, Jakarta - Dalam mencapai keinginan, seorang terkadang selalu berjuang dan berusaha sampai melupakan apa yang telah dicapai dan dimilikinya saat ini. Ujung-ujungnya, orang tersebut sulit untuk menikmati hidup dan jarang bersyukur kepada Tuhan.

Untuk menyikapi masalah itu, KH Anwar Zahid memberikan saran dan petuah agar kita bisa selalu menyukuri apa yang ada dan dimiliki di dalam hidup kita. Menurut KH Anwar Zahid, hidup seharusnya adalah tentang apa yang bisa dinikmati, bukan tentang apa dan berapa yang kita miliki.

“Hidup ini bukan tentang apa dan berapa yang kita miliki, tapi apa dan berapa yang bisa kita nikmati, untuk kita syukuri dengan cara syukur yang benar,” ungkap KH Anwar Zahid dalam sebuah video yang diterima Laduni.id, Senin (5/10).

Menurut KH Anwar Zahid, semua yang kita miliki tidak akan ada gunanya jika kita tidak bisa menikmati dan menyukurinya. Oleh karena itu, tambahnya, syukurilah apa yang telah kita miliki, nikmatilah yang ada, sehingga dengan itu hidup akan benar-benar menjadi anugerah bagi kita.

Selain itu, KH Anwar Zahid juga mengingatkan agar kita tidakperlu sibuk memikirkan nikmat orang lain, apalagi sampai iri dengan nikmat yang didapat orang lain.

“Banyak orang yang hidupnya tidak bahagia, bukan karena dia gak diberi nikmat sama Allah. Tapi karena dia terlalu sibuk memikirkan nikmatnya orang lain sedang nikmatnya sendiri gak dipikirkan,” pesan KH Anwar Zahid.

Orang yang terlalu sibuk memikirkan nikmat orang lain, menurut KH Anwar Zahid, hanya akan membuat kita gelisah dan tidak tenang menjalani kehidupan.

“Dia selalu merasa, seakan-akan rumput di halaman tetangga nampak lebih hijau dari pada rumput di halamannya sendiri. Padahal belum tentu. Itulah yang membuat hatimu gelisah, tidak bisa tenang,” pungkas KH Anwar Zahid.

Sebagaimana diketahui, KH Anwar Zahid adalah ulama yang sering mengisi pengajian bukan hanya di Jawa saja, melainkan juga mengisi pengajian rutin di mancanegara, seperti HongKong, Korea Selatan, Malaysia. Hampir tiap bulan beliau selalu mengisi jadwal di sana.

Selain itu, terdapat pengajian rutinan di kediaman beliau tiap Ahad Kliwon yang diberi nama “Jamaah Maqoman Mahmudah”. KH Anwar Zahid juga memiliki Yayasan Pondok yang berada tepat di samping kediaman beliau yang bernama Yayasan Pondok Pesantren Sabilun Najah, terdapat jenjang pendidikan MTs dan MA di pondok beliau.

Bagi santriwan-santriwati yang ingin mengemban ilmu di Yayasan Pondok Pesantren Sabilun Najah, maka seluruh biaya sehari-hari ditanggung penuh oleh pihak pondok alias gratis.