Mudah Tersinggung, Lakukan Tips Ini

 
Mudah Tersinggung, Lakukan Tips Ini


Assalamu’alaikum wr wb
Mbak Nur, saya Arsya, 19 tahun. Mau curhat nih mbak Nur, saya merasa dijauhi teman-teman saya. Mungkin karena sifat saya yang mudah tersinggung sehingga membuat teman-teman tidak nyaman bergaul dengan saya. Bagaimana mengatasi sifat mudah tersinggung saya ini ya mbak ? Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas saran yang diberikan.
Wassalamu’alaikum wr wb.

Arsya - Bandung

Tanggapan :
Wa’alaikum salam wr wb
Hai Arsya, senang sekali mbak Nur menerima pertanyaan darimu. Respek sekali karena kamu berani mengungkapkan permasalahanmu untuk mendapatkan solusi. Mbak Nur yakin, banyak juga orang-orang yang mempunyai permasalahan sama denganmu, namun malu mengungkapkannya.
Arsya, seseorang yang mudah tersinggung tentunya memiliki alasan yang mendasarinya.

Baca juga: Cinta Berakhir karena tidak Bisa Memahami Pasangan, Apa yang Harus Kulakukan?

Alasan-alasan tersebut antara lain adanya perasaan tidak percaya diri, terbiasa dipuji (pantang dikritik), ada trauma masa lalu, butuh pengakuan, menutupi kekurangan, pemikiran yang kaku dan lain-lain. Menjadi seseorang yang mudah tersinggung tentunya membuat tidak nyaman dan lelah pada diri sendiri. Selain itu, tentu saja membuat relasi dengan orang lain terganggu.
Berikut ini beberapa tips untuk melatih dirimu agar tidak mudah tersinggung, perhatikan dan lakukan ya.

1. Ubah sudut pandang
Saat kamu merasa tersinggung dengan sikap atau perkataan orang lain, cobalah menempatkan dirimu pada posisi orang tersebut. Hal ini akan membuatmu menyadari makna sebenarnya dari sikap atau perkataan orang lain tersebut, yang mungkin tidak bermaksud menyinggungmu.

Baca juga: Bagaimana Menghadapi Orang Tua yang Protektif?

2. Belajar memahami perbedaan karakter setiap orang
Setiap orang memiliki karakter yang berbeda – beda, ada yang suka berbicara ceplas – ceplos atau to the point, ada yang pakai kode – kodean, bahkan ada yang sama sekali tidak berani mengatakan apa yang diinginkannya. Jika kamu memahami karakter orang – orang di sekelilingmu maka kamu akan memahami pula tindakan dan ucapan mereka. Kamu pun tidak perlu mengambil hati karena hanya akan membuang – buang waktumu saja.

3. Berpikir positif
Selalu berpikir positif akan menghindarkanmu dari prasangka, sehingga kamu tidak akan tersinggung dengan sikap dan ucapan orang lain. Berpikir positif juga bisa membuatmu mampu mengelola emosi, berpikir jernih dan mengambil manfaat dari setiap kejadian.

Baca juga: Mengatasi Anak yang Keasyikan Bermain

4. Memperbaiki hubungan dengan Allah
Mulailah untuk introspeksi diri dan perbaiki hubunganmu dengan Allah. Ketika kamu memperbaiki hubunganmu dengan Allah, maka Allah pun akan memperbaiki hubunganmu dengan manusia. Mendekatkan dirimu pada Allah dapat membuatmu lebih tenang, jauh dari prasangka buruk dan selalu berpikir positif. Hal ini tentunya membantumu untuk meredam sifat mudah tersinggungmu.

Demikian tips yang dapat mbak Nur sampaikan, semoga dapat membantumu mengatasi permasalahanmu saat ini.

Wassalamu’alaikum wr wb.
Nur Chasanah, S. Psi
Pengampu Konsultasi Remaja siap Nikah Usia 25 Tahun
Follow IG:  @smu25tahun  dan Facebook: sukses menikah umur 25 Tahun