Cara Mudah Mencintai Diri Sendiri dengan Body Positivity

 
Cara Mudah Mencintai Diri Sendiri dengan Body Positivity

Assalamu’alaikum wr wb.
Mbak Nur yang baik, akhir-akhir ini saya merasa insecure dengan keadaan fisik saya. Memang saya agak kelebihan berat badan, namun tidak gemuk-gemuk amat. Prestasi belajar saya pun lumayan bagus, namun itu tidak membantu mengatasi insecure saya. Saya sering berpikir kebanyakan orang menilai seseorang dari fisiknya saja, misalnya seseorang yang ideal itu yang memiliki tubuh langsing, putih, cantik, hidung mancung dan lain-lain.. Saya jadi merasa minder dan tidak percaya diri. 
Saya ingin mengembangkan diri saya tanpa dibayangi ketakutan akan keadaan fisik saya mbak, bisakah ? Apa yang sebaiknya saya lakukan ?
Wassalamu’alaikum wr wb.

Rheina – Magelang

Tanggapan :
Wa’alaikumsalam wr wb.
Hai Rheina yang baik, respek sekali mbak Nur menerima curhatmu ini. Yuk simak bersama tentang apa yang sedang kamu alami dan coba tips-tips dari mbak Nur untuk mengatasinya. Rheina, perasaan insecure yang kamu alami ini kemungkinan disebabkan oleh karena belum bisa menerima diri apa adanya. Yuk coba membangun body positivity agar kamu tak lagi dibayangi ketakutan akan keadaan fisikmu.

Baca juga: Mudah Tersinggung, Lakukan Tips Ini

Sekitar tahun 60-an, body positivity merupakan gerakan fat acceptance atau penerimaan bentuk fisik yang mengalami obesitas. Perkembangannya saat ini body positivity mengalami sedikit perubahan menjadi mindset “all bodies are beautiful” yang artinya setiap orang memiliki keunikannya sendiri dan memandang diri lebih positif. Nah Rheina, mindset seperti inilah yang harus kamu miliki. 

Beberapa hal yang harus kamu lakukan dalam membangun body positivity adalah:
pertama, dengan berhenti membuat standar terlalu tinggi tentang fisik yang sempurna, karena tidak semua hal dinilai berdasarkan penampilan saja.
Kedua adalah berpikir realistis, bahwa setiap orang diciptakan dengan bentuk fisik yang berbeda dan memiliki keunikannya sendiri.
Ketiga yang harus kamu lakukan adalah bersyukur dengan apa yang telah Allah berikan untukmu. Jika ketiga hal ini kau lakukan maka body positivity akan terbentuk, kepercayaan diri meningkat dan manfaatnya adalah menghilangkan rasa insecure-mu. 

Baca juga: Pentingnya Memaafkan untuk Pemulihan Diri

Ada hal yang kamu perlu perhatikan ya, bukan berarti jika sudah mampu menanamkan body positivity membuatmu membiarkan tubuhmu memiliki berat badan berlebih. Hal ini akan membuat kesehatanmu memburuk di kemudian hari.

Sebaiknya setelah bisa mencintai atau menerima dirimu apa adanya gunakan hal itu untuk memperbaiki gaya hidupmu menjadi lebih sehat sebagai wujud rasa cintamu kepada dirimu sendiri.

Baca juga: Tak Bersemangat Melakukan Apapun, Bagaimana Sebaiknya?

Bagaimanapun juga, kesehatan merupakan tanggung jawab pribadimu bukan tanggung jawab orang lain. 
Semangat ya. Semoga dapat membantumu mengatasi kegalauan hatimu.

Wassalamu’alaikum wr wb.
Nur Chasanah, S. Psi
Pengampu Konsultasi Remaja siap Nikah Usia 25 Tahun
Follow IG:  @smu25tahun  dan Facebook: sukses menikah umur 25 Tahun