Tiga Petarung Muslim yang Mungguncang Dunia

 
Tiga Petarung Muslim yang Mungguncang Dunia

LADUNI.ID, Jakarta - Olahraga ternyata tidak sekadar menjadi ajang untuk dilombakan, tetapi bisa menjadi media untuk menyampaikan pesan-pesan keagamaan. Hal ini sebagaimana yang telah dilakukan oleh para juara petarung muslim hingga membuat gempar dunia. Siapakah mereka?

1. Khabib Nurmagomedove

Khabib Nurmagomedov masih menjadi perbincangan hangat di dunia olahraga. Petarung asal Rusia itu baru saja mempertahankan gelar kelas ringan di Ultimate Fighting Championship (UFC) 254.

Khabib menghancurkan Justin Gaethje di duel utama UFC 254 di Fight Island, Abu Dhabi, Sabtu malam 24 oktober 2020. Namun, duel itu menjadi penutup karier Khabib.

Dia memutuskan untuk pensiun karena karena perintah dari ibunya. Sang ibu tidak mau lagi melihat Khabib bertarung tanpa sang ayah, Abdulmanap Nurmagomedov yang meninggal dunia pada Juli lalu akibat penyakit jantung.

Petarung berusia 32 tahun itu pun pensiun dalam rekor yang tetap sempurna dengan kemenangan 29-0. Khabib hanyalah salah satu atlet muslim yang mampu mengguncang dunia karena prestasinya.

2. Muhammad Ali

Cassius Marcellus Clay begitulah nama awalnya. Dia merupakan seorang petinju legendaris yang disegani oleh kawan maupun lawan.

Cassius Marcellus Clay masuk Islam pada tahun 1964. Dia mengganti nama menjadi Muhammad Ali saat berada di puncak kariernya hingga ia meninggal.

Ali membukukan rekor bertanding 56 kemenangan dengan 37 menang KO dan lima kali kalah. Ia juga menjadi petinju pertama yang memenangkan gelar juara dunia kelas berat sebanyak tiga kali.

3. Mike Tyson

Siapa yang tak kenal dengan Mike Tyson, petinju legendarias asal Amerika Serikat. Mike Tyson barkarier di ring tinju sejak 1985 hingga 2005. Dia mencatatkan 58 pertarungan dengan menang 44 kali dan hanya kalah enam kali.

Selama kariernya, Tyson mampu mengawinkan gelar Juara dunia kelas berat WBC, WBA, dan IBF termuda sepanjang sejarah.

Pria kelahiran New York, 30 Juni 1966, itu diakui juga sebagai salah satu petinju paling buas dan punya pukulan terkuat di dunia. Nama Tyson juga masuk dalam Hall of Fame tinju dunia bersama Muhammad Ali, Flyod Patterson, dan George Foreman.

Tyson memiliki nama islam Malik Abdul Aziz. Dia dikabarkan masuk islam saat berada di penjara pada periode1992 hingga 1995. Namun belakangan ia membantah kabar tersebut. Tyson mengatakan dia sudah masuk islam sebelum masuk penjara.

"Itu cerita yang salah. Saya sudah menjadi muslim sebelum masuk penjara. Sampai saat ini, saya masih seorang Muslim," kata Tyson dalam acara bertajuk Life Lesson from The Champ, Mola TV. (Abdulloh Faqih)