Laksanakan Pengabdian Masyarakat, UMI Gagas Program Masjid Pintar

 
Laksanakan Pengabdian Masyarakat, UMI Gagas Program Masjid Pintar

LADUNI.ID, Pangkep - Dosen Prodi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) berkolaborasi dengan Dosen Prodi Pendidikan Agama Islam FAI Universitas Muslim Indonesia (UMI) melaksanakan pengabdian masyarakat. Kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu tugas pokok dosen untuk menunjang tri dharma perguruan tinggi selain pengajaran dan penelitian.

Kegiatan pengabdian pada masyarakat yang dilakukan oleh Dr. KH. Zain Irwanto, MA. selaku Ketua tim dan Dr. H. Andi Bunyamin, M.Pd, selaku anggota tim mengangkat tema “Ipteks bagi Masyarakat: Pengembangan Pendidikan Masyarakat melalui Masjid di Desa Padang Lampe Kabupaten Pangkep".

Diadakannya kegiatan tersebut adalah sebagai upaya Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPkM) Universitas Muslim Indonesia (UMI) membantu masyarakat dalam mengembangkan, membina masyarakat melalui program Masjid pintar.

“Pertama, membentuk sebuah media dan sarana pembentukan kepribadian bagi anak-anak usia sekolah sebagai bentuk pendidikan berbasis masyarakat. Kedua, membentuk sebuah media dan sarana peningkatan prestasi belajar bagi anak-anak sekolah sebagai bentuk pendidikan berbasis masyarakat. Ketiga, pendampingan kepada majelis taklim yang ada di Desa Padang Lampe,” jelas Dr. KH. M Zain Irwanto, MA sebagai Ketua Tim Dosen Pengabdi, (18/11) lalu.

Sementara itu, Dr.H. Andi Bunyamin, M.Pd, selaku anggota pengabdian menjelaskan bahwa luaran dari program ini adalah terbentuknya pengelolaan Masjid pintar yang kegiatannya meliputi taman pendidikan Al Quran. Selain itu juga adanya kelompok belajar dalam upaya menjadikan Masjid sebagai sarana pendidikan. Selanjutnya, adanya ruang baca di Masjid tersebut dan yang terakhir adanya pendampingan kepada ibu-ibu Majelis Taklim seperti pengajian rutin atau bulanan di Masjid.

Kegiatan ini oleh Kepala Desa, Ketua Majelis Taklim dan Ibu-Ibu Majelis Taklim, Masyarakat Umum dan Santri/Santriwati. Kepala Desa Padang Lampe sangat mengapresiasi kegiatan tersebut bahwa kami bersyukur dan sangat terbantu dengan kegiatan yang dilakukan oleh tim dosen pengabdi UMI dalam rangka mengembangkan dan membina masyakat khususnya di Desa Padang Lampe.

Adapun proses kegiatan terbagi menjadi beberapa bagian yaitu, kegiatan pentas seni oleh Santri/Santriwati yang dirangkaikan dengan kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW, pengajian rutin kepada Ibu-Ibu Majelis Taklim, sekaligus juga launcing taman pendidikan Al Quran dan perpustakaan Masjid sebagai ruang baca bagi masyarakat dan jamaah Masjid.(*)

***

Pewarta: Zainul Muttaqin
Editor: Muhammad Mihrob