Barokah Silaturrahmi ke Pesantren NU, Profesor ITS Ini Raih Penghargaan Menlu Jepang 2020

 
Barokah Silaturrahmi ke Pesantren NU, Profesor ITS Ini Raih Penghargaan Menlu Jepang 2020

LADUNI.ID, Jakarta - Kementerian Luar Negeri Jepang mengumumkan nama penerima Penghargaan Menteri Luar Negeri Jepang tahun 2020, Selasa (01/12/2020). Salah seorang penerima penghargaan tersebut adalah Prof Agus Zainal Arifin, seorang profesor di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

Prof Agus Zainal Arifin mendapat penghargaan tersebut atas jasanya dalam peningkatan saling pengertian antara Jepang dan Indonesia. Ia memperkenalkan pemahaman mengenai Jepang di kalangan pemuda Indonesia melalui kegiatan kunjungan kepada pesantren-pesantren di Jawa Timur.

“Barokahnya silaturahmi ke pondok pesantren, dapat penghargaan dari Pemerintah Jepang. Ternyata Jepang sangat menghargai NU,” tutur Prof Agus Zainal Arifin kepada Laduni.id, Rabu (2/12/2020).

Melalui hal itu, Prof Agus Zainal akif berbagai pengalaman tentang kehidupannya di Jepang kepada pesantren-pesantren, baik kepada santri maupun guru. Hal itulah yang menurut penuturan Prof Agus bahwa Jepang sangat menghargai NU.

“Penghargaan ini juga untuk PP Annuqayah, PP Nurul Jadid, PP Qomaruddin, PP Mathoiliul Anwar, PP Ngalah, PP Tebu Ireng, PP Tambak Beras, dan shahabat-shahabat pondok pesantren di lingkungan NU,” lanjutnya.

Prof. Agus Zainal Arifin menempuh pendidikan Information Engineering di Universitas Hiroshima pada tahun 2003-2007 sebagai penerima beasiswa pemerintah Jepang (Monbukagakusho/Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olah Raga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang). Setelah memperoleh gelar doktor, beliau kembali ke Indonesia.

Selama belajar di Jepang sejak tahun 2005, beliau juga berperan aktif untuk mendirikan Keluarga Mahasiswa Nahdlatul Ulama (KMNU) Jepang yang selanjutnya disahkan oleh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU)  menjadi Pengurus Cabang Istimewa(PCI) NU Jepang. Melalui kegiatan PCI NU Jepang, beliau berkontribusi juga untuk mendorong pemahaman tentang Islam ataupun Indonesia di kalangan masyarakat Jepang.

Atas penghargaan yang diterima Prof Agus Zainal tersebut, konsulat Jenderal Jepang sangat senang dan bangga. Rencananya, piagam penghargaan akan diberikan kepada Prof. Agus Zainal Arifin oleh Bapak Konsul Jenderal Jepang di Surabaya pada waktu yang akan diagendakan.(*)