Bantu Korban Bencana, Banser Tetap Prioritaskan Protokol Kesehatan

 
Bantu Korban Bencana, Banser Tetap Prioritaskan Protokol Kesehatan

LADUNI.ID, Jakarta - Meski dalam kondisi yang serba sulit akibat bencana gempa bumi, Banser Tanggap Bencana (Bagana) yang bertugas di Sulawesi Barat (Sulbar) tetap memprioritaskan protokol kesehatan untuk para korban.

Hal tersebut sebagaimana terlihat di gambar, di mana salah satu anggota Bagana membagikan masker di posko pengungsian korban bencana alam di Sulbar. Hal tersebut dilakukan dalam rangka tetap waspada dalam menjaga kesehatan dalam kondisi bencana alam.

Sebagaimana diketahui, ribuan anggota Banser dikerahkan ke berbagai daerah terdampak bencana dalam rangka membantu proses evakuasi dan membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari para korban bencana.

Di Sulbar sendiri, tim relawan tergabung dalam Banser Tanggap Bencana (Bagana) itu salah satunya adalah diterjunkan ke berbagai lokasi gempa bumi di Kabupaten Mamuju dan Majene, Sulawesi Barat (Sulbar).

"Kita terpanggil dengan menerjunkan para anggota untuk membantu saudara kita yang sedang tertimpa musibah," terang M. Haerul Amri, Wakil Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor (PP GP Ansor), Selasa (19/01/2021) kemarin.

Selain itu, pria yang akrab disapa Aam ini juga menyampaikan bahwa tim Bagana juga dilibatkan pada musibah banjir seperti di Kalimantan Selatan dan sejumlah daerah di Pulau Jawa. Anggota disebar di musibah longsor Sumedang, Jawa Barat.

"Di Brebes, Bagana bersama warga juga membangun tanggul penanganan banjir di bantaran Sungai Cisanggarung, Pasarbatang," tuturnya.(*)

***

Pewarta: Misbachuddin
Editor: Muhammad Mihrob