Biografi KH. Hasyim Ihsan Tremas

 
Biografi KH. Hasyim Ihsan Tremas
Sumber Gambar: foto istimewa

Daftar Isi Profil KH. Hasyim Ihsan Tremas

  1. Kelahiran
  2. Wafat
  3. Pendidikan
  4. Menjadi Pengasuh
  5. Karier
  6. Teladan
  7. Sosok Ahli Tasawuf
  8. Chart Silsilah Sanad

Kelahiran

KH. Hasyim Ihsan lahir pada bulan Juli 1912 M, di Tremas. Beliau merupakan putra dari pasangan KH Ihsan dan Nyai Maryam.

Wafat

KH. Hasyim Ihsan wafat pada tahun 1989. Jenazah beliau dimakmakan di makam gunung Lembu bersama para masyayikh lainya.

Pendidikan

Semasa kecilnya belajar di Tremas sendiri di bawah asuhan para sesepuh, antara lain simbah Nyai Abdulloh (neneknya) dan KH. Muhammad Dimyathi atau Simbah Guru.

Pada tahun 1928 meneruskan belajarnya ke Pesantren Al-Hidayah Lasem di bawah asuhan KH. Ma’sum.

Menjadi Pengasuh

Setelah beberapa tahun kemudian, ia kembali ke Tremas dan diminta membantu mengajar di pesantren Tremas, tetapi satu tahun kemudian ia meneruskan belajarnya ke pesantren Lasem lagi dibawah asuhan kiai Kholil, hingga pada tahun 1934 kembali ke Tremas dan mengajar bersama-sama pengasuh yang lain.

Pada tahun 1948 sampai 1950, Kiai Hasyim menjadi penerangan Agama Islam di daerah Tegalombo, Pacitan. Selanjutnya dipindah ke daerah Arjosari. Dan akhirnya mengajar kembali di pesantren Tremas

Tugas pokok KH. Hasyim Ihsan dalam mengasuh pesantren Tremas, yaitu mendukung dan memperkuat peran KH. Habib Dimyathi sebagai pimpinan pesantren dan KH. Harits Dimyathi sebagai Ketua Majlis Ma’arif, yang menangani jalanya roda pendidikan di pesantren Tremas.

Peran yang dilakukan oleh KH. Hasyim Ihsan sangat berarti bagi keberlangsungan dan keharuman pesantren Tremas Pacitan. Peran sosial kemasyarakat betul-betul dilakukan olehnya. Terbukti kala itu, pesantren Tremas Pacitan yang didirikan sejak 1830 M itu berjalan dengan seimbang.

Karier

Selain menjadi pengasuh pesantren, Ia juga terjun ke kancah perjuangan kemasyarakatan, dengan menjadi anggota DPR dari salah satu partai nasional kala itu.

Teladan

KH. Hasyim Ihsan dikenal sebagai figur kiai yang lemah lembut dalam bertutur dan bersikap. Ia tidak pernah membedakan status atau kedudukan orang tetentu, semuanya diperlakukan sama. Kasih sayangnya bukan hanya dirasakan di lingkungan keluarga saja, tetapi juga di tengah-tengah para santri.

Wajahnya mencerminkan keteduhan, tidak sedikitpun menampilkan kesan menakutkan, apalagi bertutur kasar. Bahkan ketika berbicara dan berkomunikasi dengan para santrinya, ia selalu menggunakan tata bahasa krama inggil yang baik. Bukan hanya itu, apabila bertutur kata, paring dawuh, sering kata-kata itu membawa petuah.  Sikap lemah lembut, tindak tanduk yang tenang dan bersahaja mencerminkan kedalaman dan keluasan ilmunya.

Sosok Ahli Tasawuf

Sebagai pelaku tasawuf yang telah mencapai puncak, sering hanyut di alam ruhani, menjauhkan diri dari dunia lahiriah, mengekang nafsu kebendaan. Agaknya Kiai Hasyim berada pada tingkatan itu. Ia menjalankan pola hidup yang sederhana dan jauh dari kemewahan. Kesederhanaanya terlihat dari cara berpakaian dan dalam hal apapun. 

Ada lagi sisi kehidupan Kiai Hasyim yang patut diteladani, yakni gemar riyadlah, mengolah jiwa, atau tirakat. Kebiasaan ini tidak pernah ditinggalkannya sejak menuntut ilmu dan terus berkeluarga, bahkan hingga menjadi kiai pemangku pesantren. Hingga Kiai Hasyim dikenal pula sebagai kiai yang menguasai ilmu hikmah dan memiliki kemampuan linuwih.

Tidak heran dengan keluasan ilmu dan kekharismatikan yang ia miliki, banyak masyarakat yang datang, sowan kepadanya. Kepada Kiai Hasyim, biasanya masyarakat mengadukan segala persoalan kehidupan yang dirasa berat, untuk mendapatkan nasihat dan terutama doa agar Allah SWT berkenan memberikan kemudahan atau mengabulkan hajat mereka.

Ahmad Muhammad, dalam bukunya Bunga Rampai dari Tremas menyebut Kiai Hasyim sebagai Pusaka Pesantren Tremas. Sosoknya penuh ikhlas, yang selalu menolong dan memberi tanpa berharap pamrih apapun. Ia juga memberi contoh bagaimana seharusnya hidup dijalani. 

Pendekatan dakwahnya yang santun, penuh hikmah, dan selalu menaruh hormat kepada siapapun, menjadi contoh sempurna melengkapi dua sosok pribadi sebelumnya, KH. Habib Dimyathi dan KH. Harits Dimyathi. KH. Hasyim Ihsan mampu memberikan keteladanan bagi para santri pesantren Tremas. 

Chart Silsilah Sanad

Berikut ini chart silsilah sanad guru KH. Hasyim Ihsan Tremas dapat dilihat DI SINI.


Artikel ini sebelumnya diedit tanggal 01 April 2021, dan terakhir diedit tanggal 06 September 2022.

 

Lokasi Terkait Beliau

List Lokasi Lainnya