STIT Al Ibrohimy Bangkalan

 
STIT Al Ibrohimy Bangkalan

PROFIL

Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Ibrohimy Bangkalan berawal dari keinginan luhur untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dalam rangka ikut membantu meringankan beban pemerintah dalam mengatasi masalah pendidikan dan keprihatinan, serta kegelisahan dari keluarga besar Yayasan Pendidikan Islam Al-ibrohimy, karena belum adanya perguruan tinggi dikecamatan Galis kabupaten bangkalan

Sedangkan lulusan Sekolah menengah Atas/ Madrasah Aliyah sangat banyak dan tidak mampu untuk melanjutkan pada perguruan tinggi negeri dikarenakan tingkat ekonomi para orang tua, termasuk kelas ekonomi rendah, Melihat kenyataan tersebut, jika kondisi itu dibiarkan maka anak bangsa yang ada di wilayah ini  akan ketinggalan jauh dibidang pendidikan, di banding dengan daerah-daerah lain, sementara letak Geografis Galis ( berada dipniggir  jalan Povinsi yang menghubungkan Kabupaten Bangkalan dengan kabupaten Sampang ) cukup memadai untuk membuka perguruan tinggi.

Akhirnya pada pertengahan tahun 2005, ide untuk mendirikan perguruan tinggi Islam sudah mulai bergulir, pengurus Yayasan Pendidikan islam Al-Ibrohimy mengadakan pertemuan intensif dan pertemuan intern pengurus yayasan juga  dengan tokoh masyarakat, wali santri dan para alumni santri yang tersebar di wilayah Jawa dan Madura.

Secara kelembagaan pengurus yayasan juga telah mengadakan pertemuan dengan pihak sekolah/madrasah di wilayah Galis dan Kawedanan Blega dan Kwanyar yang diprediksi memasok raw input mahasiswa. Untuk itulah dengan mempertimbangkan potensi, harapan raw input mahasiswa, posisi strategis STIT Al- Ibrohimy, kelanjutan alumni sekolah menengah di wilayah Kawedanan Blega dan Kwanyar, tuntutan masyarakat dan tersedianya tenaga ahli, maka pengurus yayasan berketetapan untuk membuka Perguruan Tinggi.

Sebagai tindak lanjut rencana membuka perguruan tinggi Islam di galis, maka dibentuklah sebuah lembaga Tingi yang bernama Sekolah Tingi Ilmu Tarbiyah Al-ibrohimy yang bernaung dibawah yayasan pendidikan islam Al-Ibrohimy yang ber Akte Nutaris Alfian Yahya,SH  pada tanggal 12 September 1984. Sebagai pemegang amanah Sekolah Tingi Ilmu Tarbiyah Al-ibrohimy pertama dipercayakan kepada Dr. KH. Malik Madany, MA sebagai Ketua Umum, KH. Fani Rosyidi Azis, M. Pa, sebagai Pembantu Ketua I, KH. Mas;udi Rifa’I, S. Ag sebagai Pembantu Ketua II : Nur Hasan, S.Pd, Pembantu Ketua III, Drs.H. Walid Sya’roni Sebagai Kepala Administrasi Umum, Moh. Jamaluddin Imron, S. Pd.I Sebagai Kepala BAAK.

Kehawatiran Masyarakat mulai sirna ketika izin pendirian Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Ibrohimy Galis Turun dari Dirjen Pendidikan Agama Islam Depag RI No. DJ.I/495/2007. 2007 dan Terakreditasi BAN-PT Kementerian Pendidikan Nasional No. 019/BAN-PT/Ak-XIV/S1/VIII/2011.

Nama Al-Ibrohimy diambil dari nama KH. IBROHIM BAIJURI yang merupakan ulama pertama pembawa agama Islam di Desa Galis Bangkalan dan sekitarnya

Baca:  Pesantren Nurul Cholil Bangkalan

PRODI

  1. Pendidikan Agama Islam (PAI)
  2. Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
  3. Pendidikan Guru Madrasah Iibtidaiyah (PGMI)

Baca:  Harta tidak Halal Setelah Bertaubat, Bagaimana Statusnya?

ALAMAT

Jl. Raya Galis No.03, Galis, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur

Kode Pos: 69173

Telepon :  0823-43147-4019
               0853-3497-5154
               0877-5099-0917

Email: stitalbangkalan@gmail.com
           

Untuk keterangan lebih lanjut dan mengenai pendaftaran silahkan hubungi Website ini :  https://stital.ac.id/

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

KUNJUNGI JUGA

 

 

Yuk Ngaji Qur’an yang dilengkapi terjemah dan penjelasan di Laduni