Apakah Saya Mengalami Anxiety Depression?

 
Apakah Saya Mengalami Anxiety Depression?

Assalamu'alaikum

Dok, saya mau nanya. Saya perempuan lulusan SMA. Saya sering banget ngalami cemas ga jelas. Sering ga bisa tidur. Apa saya ngalami gangguan mental ya Dok? Saya merasa mengalami anxiety depression, Dok. Apakah benar demikian? Saya takut. Saya Sudah rileksasi tapi gagal terus. Mohon dibantu ya, Dok....makasih banyak.

Wassalamu'alaikum

B

Jawab:
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Sebelumnya terima kasih saudari B sudah berkenan berkungjung ke sini. Terkait pertanyaan Anda, sebelumnya saya minta maaf terlebih dahulu, karena ada yang mesti diluruskan.

Baca juga: Tips Memantabkan Diri Mempersiapkan Pernikahan

Istilah Anxiety Depression dalam satu konsep, tidak dikenal dalam khasanah gangguan mental di Psikologi. Keduanya adalah jenis gangguan berbeda yang masuk dalam kategori gangguan klinis.

Anxiety Disorder (Gangguan Kecemasan) ditandai dengan munculnya kecemasan yang tidak wajar. Adapun ciri spesifiknya tergantung pada masing-masing jenisnya. Gangguan ini memiliki beberapa jenis antara lain panic disorder, phobia, PTSD (Post Traumatic Stress Disorder), GAD (Generalized Anxiety Disorder), social phobia, dll. Gangguan Kecemasan lebih banyak diderita oleh wanita. Secara umum gangguan ini bisa disembuhkan dengan psikoterapi.

Baca juga: Body Neutrality, Apa dan Bagaimana Cara Menerapkannya?

Mengenai Depresi, ini jenis gangguan yang berbeda kelompok dengan Anxiety Disorder. Kalau Gangguan Kecemasan merupakan kelompok gangguan yang memiliki banyak jenis, berbeda dengan Depresi. Gangguan ini justru merupakan sub gangguan dari satu kelompok gangguan yang namanya Mood Disorder. Depresi atau Major Depression biasanya ditandai dengan kemurungan sepanjang hari, hilangnya nafsu makan dan keinginan untuk bersenang-senang, insomnia atau hypersomnia, perasaan hampa, keinginan untuk mati bahkan sampai upaya bunuh diri. Ciri tersebut mesti muncul selama 2 minggu berturut-turut. Depresi biasanya juga bisa disembuhkan dengan psikoterapi.

Baca juga: Hidup Terasa Hampa dan Membosankan

Adapun Mood Disorder itu sendiri adalah sekelompok gangguan yang bercirikan perubahan suasana hati (mood). Jenisnya antara lain depresi, distimik, siklotimik dan bipolar. Ciri tiap gangguannya berbeda namun secara garis besar ditandai dengan masalah pada mood nya.

Saran saya, Anda tidak perlu memberi label diri Anda dengan gangguan tertentu. Hal ini justru akan membuat Anda semakin cemas. Fokus saja pada ketenangan hati Anda  karena kecemasan obatnya adalah ketenangan hati. Kalaupun Anda bilang telah melakukan rileksasi dan gagal, sebenarnya masalahnya ada pada keyakinan Anda yang perlu ditingkatkan. Anda harus yakin bahwa rileksasi akan membuat Anda tenang. Selain itu Anda bisa melakukan dzikir atau meditasi untuk menenangkan hati. Fokuslah pada hati yang tenang. Kalau itu yang Anda kejar, nanti cemas Anda akan hilang.

Mungkin itu dulu ya Mba...semoga bertambah tenang batinnya. Sukses selalu Mba...


Wa'alaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh

Salam Hormat

Dr. Muhammad Fakhrurrozi, M.Psi, Psi