Ketua LTN PBNU: Era Disrupsi Teknologi, Generasi Muda NU Jangan Jadi Follower

 
Ketua LTN PBNU: Era Disrupsi Teknologi, Generasi Muda NU Jangan Jadi Follower

LADUNI.ID, Jakarta- Ketua Lembaga Ta'lif wan Nasyr (LTN) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Ir. Hari Usmayadi mengharapkan agar generasi muda Nahdlatul Ulama (NU) dalam lima tahun yang akan datang tidak lagi menjadi follower dalam merespon abad disrupsi teknologi informasi.  Harapan itu disampaikan oleh Hari Usmayadi pada diskusi serial Madrasah Teknologi Informasi Sessi 9 yang digelar oleh LTN PBNU dan ditayangkan secara langsung di TV NU pada Sabtu pagi, 13 Maret 2021. 

"Lima tahun ke depan, kita sudah punya kemampuan untuk turut terlibat. Kalaupun tidak sebagai pemain utama, kita turut menjadi pemain atau mengambil peran aktif. Entah penyedia layanan atau stake holder dalam pusaran industrialisasi Informasi dan Tekonologi. Intinya tidak jadi penonton," harap pria yang akrab disapa Cak Usma.

Ia mengingatkan, agar generasi muda NU jangan sampai larut dalam perkembangan tekonologi informasi dan digitalisasi. Dalam prosesnya, Cak Usma menjelaskan, revolusi industrialisasi teknologi informasi dan digitalisasi berlangsung super cepat, tetapi kerap membuat kita terlena dan akhirnya hanya jadi penonton atau consumers.

Harapan lainnya, terkait perkembangan teknologi tentu akan muncul dampak sosial yang akan berpengaruh pada kehidupan masyarakat dan peradaban manusia pada umumnya. "Sehingga ini menjadi tugas kita bersama, generasi muda NU, untuk turut mewarnai, mengarahkan bahwa perikehidupan manusia ini harus tetap beradab, teratur, memenuhi etika, adab dan aturan-aturan agama serta tradisi yang telah tumbuh kembang di nusantara lebih dulu," sambung Cak Usma. 

Serial diskusi ke-9 itu mengangkat tema 'Perkembangan dan Dampak Teknologi Robotika'. Hadir pada diskusi tersebut, Ketua PBNU Dr. Juri Ardiantoro, Pembina Tim Juara Robotika Internasional dari ITS Surabaya, Mutadin, S.T., M.T dan Robotic Engineer Infra Services dari PT. Telkom Indonesia, Syawaluddin Rahmatullah. Kegiatan Madrasah Teknologi Informasi merupakan kerjasama LTN PBNU dengan PT Telkom Indonesia yang , 'Tantangan Nahdlatul Ulama di Era Disrupsi Teknologi' merupakan rangkaian diskusi yang direncanakan berlangsung hingga 15 sessi dan digelar setiap dua pekan sekali. (Ali Ramadhan).