Adakan Bedah Jurnal & Diskusi Publik, FIN UNUSIA: Gagasan Segar Tentang Paham dan Praktek Keagamaan

 
Adakan Bedah Jurnal & Diskusi Publik, FIN UNUSIA: Gagasan Segar Tentang Paham dan Praktek Keagamaan
Sumber Gambar: Dok. Laduni.ID

LADUNI.ID, Jakarta - Kamis, (15/4) Fakultas Islam Nusantara Universitas Nahdhlatul Ulama Indonesia (UNUSIA) bersama dengan Puslitbang Bimas Agama Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI menyelenggarakan Bedah Jurnal Islam Nusantara dan Diskusi Publik Moderasi Beragama yang mengambil tema Exploring Realities and Aspirations of Muslim.

Acara yang digelar secara hybrid ini dihadiri oleh sejumlah pembahas dari dalam dan luar negeri, seperti Prof. Hisanori Kato (Chuo University, Tokyo), Prof. James B. Hoeterey (Emory University, USA), Prof. Dr. Euis Nurlaelawati, MA (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta), Prof. Muhammad Adlin Sila, Ph.D (Kapuslitbang BALAK, Kementerian Agama RI), Dr. Ahmad Suaedy, MA. Hum (Dekan Fakultas Islam Nusantara, Universitas Nahdhlatul Ulama Indonesia) dan Deny Hamdani Ph.D. Bertindak sebagai moderator adalah Idris Masudi, LC yang juga redaktur jurnal Islam Nusantara.

Tema Exploring Realities and Aspirations of Muslim ditetapkan sebagai suatu kekuatan kalimat yang mewakili keseluruhan isi jurnal Islam Nusantara volume 2. Jurnal ini merupakan suatu produk ilmiah dari Fakultas Islam Nusantara, UNUSIA yang berupaya memasyarakatkan gagasan-gagasan segar tentang paham dan praktek keagamaan Islam Nusantara yang tersemat dalam bentangan sejarah Indonesia.

Pada volume kedua, Jurnal Islam Nusantara menghadirkan lima artikel pilihan, yakni:

  1. Hisanori Kato berjudul, Exploring the Reality and Aspirations of Muslim: The Division of Umat in Indonesia.
  2. Deny Hamdani berjudul, Defending Islam Nusantara at the Frontline Experiment to Shape Moderatism among No-Structural Nahdhliyin Community.
  3. Greg Soetomo berjudul, Bahasa dan Kekuasaan dalam Historiografi Islam Marshall G.S. Hodgson.
  4. Teuku Kemal Fasya berjudul, Keberagaman Semu dan Dilema Minoritas di Kota Banda Aceh.
  5. Ginanjar Sya’ban berjudul, Syekh Mukhtar bin ‘Atharid al-Bughuri al-Jawi al-Maliki (1862 – 1930 M) wa al-Kitab al-Sundawiyah al-Mathbu’ah fi Makkah wa al-Qohiroh Awa’il al-Qarn al-‘Isyrin.

Volume ini ditutup oleh tinjauan artikel buku (book review) berjudul Jawa, Islam dan Nusantara; Memposisikan Agama dalam Keragaman Budaya dari Riwanto Tirto Sudarmo.

Acara yang dihelat secara dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring) di Aula Kampus UNUSIA, Matraman ini juga sebagai upaya bersama untuk melawan dan menangkal paham-paham terorisme (.red).