Pesantren Bustanul Muta’allimin Pakis Kab. Semarang

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD2 MTS/SMP1
MA/SMA0 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium2
Poli Kesehatan0 Koperasi1
Pesantren Bustanul Muta’allimin Pakis Kab. Semarang
Sumber Gambar: Foto istimewa

PROFIL

Pondok Pesantren Salafiyah Bustanul Muta’allimin semula khusus mengajarkan kitab-kitab agama dengan menggunakan sistem sorogan ‘ala Kebumen dan Bandungan. Dengan perkembangan santri yang selalu bertambah yang datang dari berbagai daerah, maka pada tahun 1994 didirikan Madrasah Diniyah Alawiyah, Wustho dan ‘Ula di pondok tersebut. Selain itu juga banyak para santri juga merangkap dengan sekolah umum ada yang dengan sekolah SMP, MTs, SMA dan Aliyah di sekolah sekitar pondok pesantren tersebut. Meskipun demikian hal itu tidak mengurangi sistem sorogan Kebumen dan Bandungan yang sudah berjalan.

Pertama kali Akhirussanah diadakan pada tahun 1994 hingga sekarang di pondok pesantren ini diadakan 2 tahun sekali. Pada tahun 1996 telah diadakan Kejar Paket B / setara SMP sampai sekarang masih berjalan dan tahun 2006 dibukalah pendidikan Kejar Paket C (setara pendidikan SMA). Di pondok ini pula pada tahun 2000 mulai dari sorogan A; Al-Qur’an bil ghoib 30 Juz dengan pengasuh KM. Fadloli AH. anak menantu pertama yang berasal dari desa krandon Kecamatan Guntur Kabupaten Demak.
Pada awal berdirinya pondok tahun 1991 belum ada namanya, sehingga pada waktu itu dikenal dengan sebutan Pondok Brojodito.

Akan tetapi sebutan seperti itu kurang tepat, kemudian diberi nama Bustanul Muta’allimin yang artinya perkebunan tempat anak-anak belajar dengan membawa sejarah bahwa dulunya tempat itu merupakan perkebunan yang sangat ditakuti oleh orang-orang yang lewat tetapi setelah ada bangunan pondok tersebut masyarakat yang akan jalan lewat yang dekat makam akan terasa tenang.

Mulai awal berdirinya sampai sekarang Pondok Pesantren Salafiyah Bustanul Muta’allimin mengalami peningkatan dalam jumlah santri maupun bangunan fisik, sampai saat ini santri putra dan putri tercatat 234 santri yang sebagaian besar mereka modok dan mengikuti pendidikan baik pendidkan formal maupun non formal, dimana setelah adanya kerja sama dengan Negara australi Indonesia sekarang telah berdiri Madrasah Tsanawiyah (MTs Bustanul Muta’allimin), sangatlah membantu perkembangan Pondok Pesantren.

SEJARAH

Pondok Pesantren Salafiyah Bustanul Muta’allimin berdiri pada tahun 1991 M di sebidang tanah wakaf bersertifikat seluas 895 m2 dari Wakif H. Abdul Ghoni dan Abu Naim. Pondok tersebut dikelola dan didirikan oleh KH. Marsudi Saefudin bin Ismari Ibrahim dari dusun Kropoh Desa Gogodalem Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang.

Pada tahun 1989 santri mulai berdatangan dari beberapa daerah putra dan putri masih ditapung dikediaman Kyai. Setelah lebih 2 tahun santri bertambah banyak dan rumah Kyai sudah penuh maka merencanakan pembangunan pondok dan masjid di tanah wakaf tersebut pada tahun 1991 M. Sedangkan istri bernama Ny. H. Khafsah Asiyah binti Imam Khurmain berasal dari dusun Doplang I desa Pakis Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang.

Dengan demikian Beliau bukan penduduk asli dari Brojodito bahkan pendatang pada tahun 1989. Beliau alumni Pondok Al-Ittihad Poncol yang diasuh oleh KH. Ahmad Asy’ari diteruskan ke pondok Riyadhotul Uqul Nampudadi petanahan Kebumen yang diasuh oleh KH. Jazuki Usman di pondok Kacangan Salem yang diasuh oleh KH. Qulyabi.

Pendiri dan Pengasuh

  1. KH. Marsudi Saefudin
  2. KM. Fadloli AH

UNIT PENDIDIKAN

  1. MI 
  2. MTs
  3. TPQ
  4. Madrasah Diniyah
  5. Majelis Taklim 

EKSTRAKURIKULER

Pesantren Bustanul Muta’allimin memiliki ekstrakurikuler yang bisa diikuti para santri di antaranya :

  1. Tahfidzul Al-Qur'an
  2. Kajian kitab kuning
  3. MTQ (Tilawah Al Qur'an )
  4. Manakib
  5. Maulidan
  6. Istighotsah
  7. Latihan pidato 4  bahasa
  8. Kursus Bahasa Inggris, Bahasa Arab 
  9. Khot dan Kaligrafi Islam
  10. Rebana
  11. Paduan Suara
  12. Jurnalistik
  13. Tata Boga
  14. Drum Band
  15. PMR
  16. Pramuka
  17. Paskibra
  18. Komputer
  19. Olahraga: Sepakbola/Futsal, Basket, Voli, Bulutangkis, Pencak Silat Pagar Nusa

 
Sholawatan diiringi hadrah di pesantren Bustanul Muta’allimin


Drum Band santri di pesantren Bustanul Muta’allimin

FASILITAS

Pesantren Bustanul Muta’allimin memiliki fasilitas meliputi:

  1. Ruang Kepala Madrasah
  2. Ruang Tata Usaha
  3. Ruang Guru
  4. Ruang Kelas
  5. Perpustakaan
  6. Ruang OSIM
  7. Laboratorium IPA
  8. Laboratorium Komputer
  9. Multimedia Class
  10. Lapangan Upacara
  11. Aula
  12. Mushola
  13. Asrama Putra dan Putri
  14. Toilet
  15. Lahan Parkir
  16. Koperasi
  17. Ruang UKS
  18. Gedung BLKK Multimedia


Mushola di pesantren Bustanul Muta’allimin


Gedung pesantren di pesantren Bustanul Muta’allimin

ALAMAT

Doplang 1 Kelurahan Pakis Kecamatan Beringin Kabupaten Semarang Jawa Tengah
Kode Pos       :   50772
Telepon          :   (0298) 7106-667

 

 


Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id

KUNJUNGI JUGA

 

 

 

 

 

 

 

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.