Trik Cepat Tingkatkan Kepercayaan Diri

 
Trik Cepat Tingkatkan Kepercayaan Diri
Sumber Gambar: Foto (dok. Laduni.ID)

Assalamu’alaikum wr wb.
Halo mbak Nur, saya Dewa 22 tahun, baru saja lulus kuliah. Mbak, saya kalau mau maju presentasi, wawancara kerja atau melakukan aktivitas lain sering sekali merasa grogi dan kehilangan kepercayaan diri secara tiba – tiba walaupun telah mempersiapkan sebelumnya.

Bagaimana agar saya bisa meningkatkan kepercayaan diri saya pada saat itu ?
Terima kasih atas tanggapannya.
Wassalamu’alaikum wr wb.

Dewa – Karawang

Tanggapan :
Wa’alaikumsalam wr wb.
Hai Dewa, pertanyaanmu ini tentunya mewakili banyak orang yang mengalami permasalahan yang sama denganmu. Sering sekali saat kita berada dalam situasi yang menegangkan ataupun dalam tekanan kita menjadi grogi dan kehilangan kepercayaan diri secara tiba – tiba. Yuk ikuti beberapa langkah berikut ini untuk mengembalikan kepercayaan dirimu dengan cepat :

1. Atur nafas
Cobalah untuk mengosongkan pikiran sejenak dan mulai mengatur nafas. Tarik nafas panjang beberapa kali. Meningkatnya suplai oksigen ke otak akan memberikan sinyal kepada tubuh kita agar lebih rileks.

Baca juga: Sakit Hati Karena Cinta, Apa Obatnya?

2. Ubah posisi tubuh
Mengubah posisi duduk menjadi lebih santai, posisi tubuh terbuka (misalnya merentangkan tangan jika memungkinkan, membuka kaki). Jika saat itu dalam posisi berdiri, berdirilah dengan tegak dengan kaki agak terbuka. Lakukan gerakan ini selama dua menit, berdasarkan jurnal penelitian Universitas Harvard, cara ini bisa meningkatkan hormon testosteron yang mempengaruhi kepercayaan diri sekaligus menurunkan kortisol (hormone stress).

3. Afirmasi positif
Ucapkan hal – hal yang positif (afirmasi positif), misalnya “AKU BISA”, “AKU BERHASIL” dan kata positif yang lain. Lakukan berulang – ulang, alam bawah sadar akan membantu menumbuhkan motivasi dan melakukan usaha untuk meraih yang kita inginkan.

Baca juga: Karir atau Menikah Muda

4. Fokus pada tujuan
Ingat kembali tujuan yang ingin kamu dapatkan dalam tahap ini. Fokus pada tujuan tersebut dan lakukan yang terbaik.

5. Berdoa
Berdoa membuat kita menjadi lebih tenang, sehingga lebih percaya diri dalam melakukan sesuatu karena kita memasrahkan semuanya pada Allah. Salah satu doa yang bisa kita amalkan adalah doa Nabi Musa kepada Allah, sebelum ia berdakwah pada Firaun.
Doanya sebagai berikut :

رَبِّ ا شْرَحْ لِيْ صَدْرِ وَيَسِّرْلِيْ اَمْرِيْ وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِيْ يَفْقَهُوْ قَوْلِيْ

“ Robbisy rohlii shodri wa yassyirlii amrii wahlul uqdatammillisaanii yafqohuu qoulii”
 "Ya Tuhan, lapangkanlah dadaku, mudahkanlah segala urusanku, dan lepaskanlah kekakuan lidahku, agar mereka mengerti perkataanku."

Baca juga: Merasa Depresi Karena Tidak Ada yang Menyukai, Saya Harus Bagaimana?

Semoga dapat membantu ya, jangan lupa selalu persiapkan diri dengan matang untuk menghadapi hal – hal seperti interview, menghadap atasan, presentasi atau tampil di muka umum, dan lain – lain.
Wassalamu’alaikum wr wb.

Salam Hormat
Nur Chasanah, S. Psi
Pengampu Konsultasi Remaja siap Nikah Usia 25 Tahun