Mustasyar PBNU KH. Sya'roni Ahmadi Wafat

 
Mustasyar PBNU KH. Sya'roni Ahmadi Wafat
Sumber Gambar: Dok. Laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta – Ulama kharismatik Kudus, Jawa Tengah KH. Sya’roni Ahmadi meninggal dunia di Rumah Sakit Islam (RSI) “Sunan Kudus” sekitar jam 09.00.

Sebelumnya beliau juga sempat menjalani perawatan di rumah sakit yang sama sejak kemarin. Namun, beliau mengehembuskan nafas terakhir di usia 89 tahun pada hari, Selasa (27/4).

Sejak kecil beliau adalah sosok yang cerdas, pada usia 11 tahun beliau sudah mampu menghafal Kitab Alfiyah Ibnu Malik. Beliau juga dikenal sebagai sosok yang yang menguasai ilmu agama secara interdisipliner seperti tafsir, ushul al-fiqh, fikih, mantiq, balaghah, dan bahkan beliau menjadi dewan Musabawah Tilawatil al-Qur’an (MTQ) tingkat nasional.

Beliau bukan hanya sosok yang pandai membaca kitan dan berpidato, melainkan juga sosok yang produktif dalam membuat karya. Beliau gemar kerap menulis, mensyarah dan menerjemah beberapa kitab yang digunakan untuk mengajar. Salah satunya adalah kitab Qira’ah al-Ashriyyah. Kitab ini terdiri dari tiga juz. Penyusunan kitab ini dimaksudkan, sebagaimana penuturan Kiai Sya’roni, untuk memudahkan para santri atau para siswa dalam mempelajari kitab kuning.