Doa Upacara Bendera Hari Pendidikan Nasional 2 Mei Tahun 2021

 
Doa Upacara Bendera Hari Pendidikan Nasional 2 Mei Tahun 2021
Sumber Gambar: Foto (ist)

Laduni.ID Jakarta- Tepatnya pada tanggal 2 Mei bangsa Indonesia akan memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Indonesia adalah hari dimana untuk memperingati kelahiran Bapak tokoh pelopor pendidikan di Indonesia sekaligus pendiri lembaga pendidikan taman siswa yaitu Ki Hajar Dewantara dan oleh pemerintah ditetapkan sebagai hari Pendidikan Nasional.

Hari Pendidikan Nasional tepatnya tanggal 2 mei 2021 bukanlah hari libur Nasional. Hari Pendidikan Nasional dirayakan dengan ditandai Upacara Bendera Merah Putih di sekolah sekolah, Perguruan Tinggi, maupun instansi yang lainya disertai dengan penyampaian pidato.

Baca juga: Sejarah Dayah: Pusat Awal Pendidikan Islam di Nusantara

Berdasarkan Surat Edaran (SE) Mentri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), kegiatanh Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional ditengah pandemi Covid-19 diselenggarakan secara minimalis dan terbatas dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 yang telah ditetapkan Pemerintah tanpa mengurangi makna semangat, dan kekhidmatan acara.

Dalam Surat Edaran yang dikeluarkan oleh Mendikbud, kegiatan upacara dapat dilakukan dengan Daring/virtual yang dapat diikuti dari rumah/tempat tinggal masing-masing dengan menyaksikan siaran langsung di kanal YouTube Kemendikbud RI pada pukul 08.00 WIB dan bagi yang berada dalam zona hijau dan kuning, serta kantor perwakilan Indonesia di luar negeri serta satuan pendidikan di luar negeri yang wilayahnya ditetapkan pemerintah setempat sebagai zona aman dapat melakukan upacara bendera secara Luring/tatap muka. Pelaksanaan upacara secara luring/tatap muka dilaksanakan secara terbatas, minimalis, serta menerapkan protokol kesehatan dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 yang telah ditetapkan pemerintah.

Baca Juga: Hardiknas, Ketua DPRD Sumenep Sebut untuk Memajukan Pendidikan

Kemendikbud melalui Surat Edaranya mengeluarkan doa upacara bendera Peringatan Hari Pendidikan Nasional. Berikut ini.

Alhamdulillahi robbil alamin, washolatu wassalamu ‘ala asrofil ambiya’i wal mursalin, sayyidina wa habibina wa syafiina wa maulana Muhammadin, wa ‘ala alihi wasohbihi ajma’in. Amma ba’du.

Ya Allah, Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang Tiada kata yang patut kami haturkan melainkan sanjungan tertinggi bagi-Mu, karena hanya atas kuasa dan ijin-Mu lah pada hari ini kami bisa berkumpul dalam rangka mengikuti “Upacara Bendera Hari Pendidikan Nasional Tahun 2021”, untuk itu ya Allah berkati dan ridhoi acara kami ini.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa Jadikanlah Hari Pendidikan Nasional tahun ini sebagai momentum untuk serentak bergerak demi mewujudkan Merdeka Belajar dalam rangka mendidik putra putri kami menjadi pelajar Pancasila sejati.

Yaa Allah yang Maha Pengampun Kami sadar begitu banyak dosa dan kesalahan yang telah kami lakukan, jika Engkau tidak sudi mengampuni, kepada siapa kami harus memohon ampun. Oleh karena itu ya Allah, ampunilah segala dosa dan kesalahan kami, dosa orang tua kami, dosa guruguru kami, dosa para pemimpin kami, serta dosa para pendahulu kami. Janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau khilaf, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami, janganlah engkau pikulkan pada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya.

Baca Juga: Peringati Hardiknas, Pelajar Putri NU Ajak Perempuan Untuk Berpendidikan Tinggi

Allahumma Ya Allah Ya Hadi, Tuhan Yang Maha Memberi Petunjuk. Tunjukkanlah yang benar itu tampak benar dan berilah kekuatan kepada kami untuk dapat melaksanakannya, dan tunjukkanlah yang salah tampak salah dan berilah kekuatan kepada kami untuk dapat menjauhinya., sehatkan kami, kuatkan kami, jauhkan kami dari marabahaya wabah covid-19 dan kami mohon Engkau berkenan mengangkat wabah ini dari negeri yang kami cintai ini. Ya Allah, Tuhan Yang Maha Mendengar, kabulkanlah doa dan permohonan kami.

rabbana atina fiddunya hasanah wa fil akhiroti hasanah waqina adzabannar
alhamdulillahirobbil alamin.