Pesantren Miftahul Ulum Yahyawiyyah Pati

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Pesantren Miftahul Ulum Yahyawiyyah Pati

PROFIL

Pondok Pesantren Miftahul 'Ulum Pengasuh pertama kali pondok pesantren Miftahul Ulum adalah Hadlratus Syaikh KH. Dahlan yang mempunyai istri Mbah Mardhiah dan lahir pada tahun 1911 M dan wafat tahun 1987 M.

Pondok ini dimulai pada tahun 1945 dimana pada saat itu keadaan pesantren masih berbentuk pengajian dengan suasana santri yang mengaji berada di serambi Masjid tanpa ada tempat khusus atau pun sistematika khusus lainnya. Kemudian pada hari Selasa Legi bulan Dzulhijjah tahun 1950, dari pasangan Hadlratus Syaikh KH. Dahlan dan Mbah Mardhiah terlahirlah seorang anak laki-laki yang diberi nama Rois Yahya Dahlan. Putra inilah yang kelak akan meneruskan perjuangan beliau dalam melestarikan ajaran Islam. Saat ini pengasuh dipegang oleh Ust. MA.Zuhurul Fuqohak.

Kemudian mulai tahun 1985 perjuangan Hadlratus Syaikh KH. Dahlan dalam membangun dan membina pondok tersebut diteruskan oleh putranya yaitu Hadlratus Syaikh KH. Rois Yahya Dahlan. Pada tahun ini juga dibangun sebuah Musholla yang letaknya berada di sebelah pondok pesantren putri, yaitu di sebelah kiri rumah KH. Abdul Qodir.

Pada tahun 1988 M, dengan menimbang jumlah santri putri yang semakin bertambah, Hadlratus Syaikh KH. Rois Yahya Dahlan berinisiatif untuk membangun pondok putri baru di sebelah selatan rumah KH. Abdul Qodir agar dapat menampung santri yang lebih banyak serta memberikan kenyamanan bagi santri dalam menuntutilmu. Tahun 1991 dilakukan perenovasian dan kemudian dibangunlah masjid BaitulIzzah yang terletak di samping pondok putra tersebut. Pada tahun ini pula,Hadlratus Syaikh KH. Rois Yahya Dahlan menunaikan ibadah haji untuk melengkapi kewajiban orang Islam.

Pada tahun 2000 M, beliau kembali meneruskan pembangunan dengan membuat pondok putri baru yang letaknya di sebelah barat pondok lama, yaitu disamping rumah Hadlratus Syaikh KH. Abdul Qodir, sehingga di tempat tersebut ada dua buah bangunan pondok putri sebelah barat dan pondok putri sebelah timur.

Begitulah sampai akhirnya pondok tersebut menjadi semakin maju, baik dalam bidang fisik maupun aktivitasnya. Sengaja KH. Rois Yahya Dahlan memberikan nama pondok pesantrennya adalah Miftahul Ulum, karena beliau berharap kelak dari pondok tersebut memang benar-benar menjadi kunci parasantri-santrinya untuk memasuki gudangnya ilmu dan menjadi perantara sebagai kapal bagi mereka dalam mengarungi samudra ilmu yang sangat luas dan dalam.

Aktivitas dalam sistem pendidikan pondok pesantren Miftahul Ulum untuk pertama kali hanyalah kegiatan mengaji dan belum ada Madrasah Diniyah baik Ula maupun Wustho. Dan pada waktu itu hanya menggunakan dua metode pembelajaan. Yaitu metode bandongan dan sorogan.

Pengasuh

  1. KH. Dahlan
  2. KH. Rois Yahya Dahlan
  3. Ust. MA.Zuhurul Fuqohak

Baca juga :  Universitas Islam Nusantara (UNINUS) Bandung

PENDIDIKAN​​

​​Pendidikan Non Formal

  1. TPQ
  2. Madrasah Diniyah
  3. Majelis Taklim 

Baca juga :  Menyemir Rambut dengan Warna Hitam, Bolehkah?

EKSTRAKURIKULER

Pesantren ini memiliki Ekstrakurikuler sebagai berikut:

  1. Kajian kitab kuning
  2. Tilawah Al Qur'an 
  3. Istighotsah
  4. Latihan pidato 4  bahasa
  5. Kursus Bahasa Inggris, Bahasa Arab 
  6. Tahfidzul Al-Qur'an
  7. Seni Hadrah
  8. Paduan Suara
  9. Komputer
  10. Olahraga: Sepakbola/Futsal, Basket, Voli, Bulutangkis, Beladiri Pencak Silat Pagar Nusa


Hadrah di Pesantren Miftahul Ulum Yahyawiyyah 


Kajian kitab di Pesantren Miftahul Ulum Yahyawiyyah  


FASILITAS

Pesantren ini memiliki fasilitas sebagai berikut:

  1. Perpustakaan
  2. Laboratorium Komputer
  3. Lapangan
  4. Masjid
  5. Asrama Putra dan Putri
  6. TMCK
  7. Lahan Parkir
  8. Kantin


Mushola di pesantren Miftahul Ulum Yahyawiyyah 


Gedung pesantren di pesantren Miftahul Ulum Yahyawiyyah 


Baca juga :   STAI Yamisa Soreang Kab. Bandung

ALAMAT

Jalan Kauman Desa Talun, RT. 02 RW. 02, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati, Jawa Tengah

Kode Pos       :   59171

Telepon          :   0822-2226-6766 

                            0857-4208-4710
                           

 

 

 

KUNJUNGI JUGA

 

 

Yuk Ngaji Qur’an yang dilengkapi terjemah dan penjelasan di Laduni

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.