Pesantren PTQ An-Nuriyyah Brebes

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium2
Poli Kesehatan1 Koperasi0
Pesantren PTQ An-Nuriyyah Brebes
Sumber Gambar: Foto istimewa

Profil
Pondok pesantren Takhfidzul Qur`an An-Nuriyyah Bumiayu merupakan lembaga pendidikan agama islam yang diakui keberadaannya oleh masyarakat sekitar. Pondok pesantren ini terletak di Kota Bumiayu Kabupaten Brebes. Pada saat ini pondok pesantren Takhfidzul Qur`an An-Nuriyyah Bumiayu tidak hanya belajar agama islam, tetapi pondok pesantren sekaligus madrasah atau sekolah yang menyatu dan terpadu menjadi satu kesatuan antara pendidikan sekolah yang diakui oleh departemen pendidikan dengan pendidikan agama yang berasal dari pondok pesantren, yaitu dengan mendirikan sekolah berbasis pondok pesantren yaitu SMP An-Nuriyah Bumiayu dan SMA An-Nuriyah Bumiayu. Hal ini adalah salah satu langkah untuk memajukan bangsa dengan memadukan pendidikan agama dengan pendidikan umum.

Sejarah
Pesantren An-Nuriyyah didirikan (sebagai sebuah lembaga dan mendapatklan pengakuan) pada 1 April 1974. Namun sebenarnya embrio dari Pesantren An-nuriyyah telah dimulai sejak 1940-an. Yakni sejak pendirinya KH. ABU NUR JAZULI AMAITH AL-KHAFIDZ. Pada awalnya Pesantren An-nuriyyah hanya menerima santri yang akan menghafal Al-Qur’an. Majelis taklim yang menjadi cikal bakal pesantren tetap berjalan dengan motor utamanya adalah Nyai Hj. Muzalfa Azhari.

Mulai awal 1980-an Pesantren An-nuriyyah membuka sekolah yang bersifat umum, namun tanpa meninggalkan akarnya yakni pendidikan Al-Qur’an. Pada tahun 1978 SMP An-nuriyyah didirikan, namun pada perkembangannya, pengasuh Pesantren An-nuriyyah menghadapi kenyataan bahwa peminat tidak hanya dari usia SMP, tetapi juga usia SMA. Inilah yang memunculkan gagasan untuk mendirikan lembaga pendidikan yang lebih tinggi dari SMP. Pada tahun 1982 didirikan SMA An-nuriyyah. dengan ini diharapkan bahwa santri yang sekolah di SMP An-nuriyyah akan melanjutkan ke SMA An-nuriyyah sehingga ada tambahan waktu bagi Pesantren An-nuriyyah mempersiapkan santrinya dengan memberikan bekal yang lebih banyak.

Pendiri
KH. Abu Nur Jazuli Amaith Al Khafidz 

Pengasuh

  1. KH. Abu Nur Jazuli Amaith Al Khafidz 
  2. Hj. Muzalfa Azhari

Baca juga :  Universitas Islam Nusantara (UNINUS) Bandung

Visi
“Terwujudnya Manusia Yang Bertaqwa, Cerdas, Kreatif  Dan Berwawasan Qur’ani”.

Misi
1. Mewujudkan warga sekolah yang beriman, beribadah dengan tekun, dan berakhlak mulia sesuai aturan-aturan dalam agama Islam.
2. Mewujudkan kegiatan pembelajaran aktif dan kreatif yang mendorong semangat belajar, semangat berkompetisi dan semangat untuk berprestasi
3. Mewujudkan warga sekolah yang kreatif, mandiri, dan penuh dedikasi
4. Mewujudkan KTSP sekolah yang berciri khas sekolah
5. Menyelenggarakan pengelolaan sekolah berdasarkan Standar Nasional Pendidikan
6. Menujudkan lingkungan sekolah yang nyaman, asri, dan bersih
7. Mewujudkan budaya Qur’ani di sekolah

​Pendidikan
Pendidikan Formal

  1. SMP  An-nuriyyah
  2. SMA  An-nuriyyah

​​Pendidikan Non Formal

  1. Tahfidzul Qur'an
  2. Madrasah Diniyah
  3. Majelis Taklim 

Baca juga :  Menyemir Rambut dengan Warna Hitam, Bolehkah?


Hadrah di pesantren PTQ An-Nuriyyah Bumiayu 


Gedung Sekolah di Pesantren PTQ An-Nuriyyah Bumiayu 

Baca juga :   STAI Yamisa Soreang Kab. Bandung

Alamat
Dukuh Tengah, Krajan, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah 52273
Telepon: (0289) 432484

Kunjungi Juga

Yuk Ngaji Qur’an yang dilengkapi terjemah dan penjelasan di Laduni

Artikel ini sebelumnya dibuat pada tanggal 6 Mei 2021 dan kembali diedit dengan penyelarasan bahasa pada tanggal 1 April 2024.

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.