KJRI Frankfurt Jerman gelar Halal Bihalal Virtual

 
KJRI Frankfurt Jerman gelar Halal Bihalal Virtual
Sumber Gambar: Tangkapan layar YouTube TVNU/Laduni.ID

Laduni.ID Jakarta - Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Frankfurt Jerman menggelar halal bihalal secara virtual dengan masyarakat Indonesia diwilayah kerja Frankfurt dengan kerjasama dengan semua 17 organisasi kemasyarakatan islam dienam negara bagian wilayah kerja Frankfurt. Kerjasama ini untuk mencerminkan semangat persatuan dan gotong royong diantara organisasi kemasyarakatan islam. Ucap Acep Somantri selaku Konsul jenderal RI Frankfurt dalam sambutanya yang disiarkan langsung melalui kanal YouTube TVNU 06 Juni 2021.

Baca Juga: Menteri Luar Negeri Jerman Menawarkan Solusi dalam Konflik Israel-Palestina

Kegiatan acara halal bihalal tersebut dihadiri oleh 200 peserta lebih, yang diselenggarakan melalui daring yang bukan hanya dihadiri oleh wilayah kerja Frankfurt saja. “Syukur Alhamdulillah acara halal bihalal ini dihadiri oleh 200 peserta dan bukan hanya dari wilayah kerja franfurt saja tetapi juga dari Indonesia dan beberapa dari belahan dunia lainya”. Pertemuan secara daring yang dapat menjangkau siapa saja, dimana saja, dan kapan saja seperti pada malam ini jelasnya dalam sambutan sembari mengucap syukur.

Adapun dalam kegiatan acara bihalal tersebut menghadirkan dua tokoh Nasional yaitu Prof. Dr. Muhammad Quraish Shihab, MA (pendiri pusat studi Al-Quran) dan KH. Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha (Rais Syuriah PBNU) sekaligus pengisi tausiah dalam acara halal bihalal Frankfurt.

Baca Juga: KH. M. Muhlasin: Halal Bihalal Hanya Ada di Indonesia dan Ciri Khas Islam Nusantara

Tema yang diangkat dalam halal bihalal kali ini “memahami halal bihalal dalam meningkatkan persatuan inter dan antar umat beragama” ini tentu merupakan tema yang sangat penting ditengah situasi pandemi yang dapat mengikis kesatuan dan persatuan seperti yang terjadi diberbagai Negara serta masih serta masih adanya konflik berlatang belakang  agama diberbagai belahan dunia jelas  Acep Somantri.

Kemudian ia menjelaskan bahwa bagaimana kita dapat terus meningkatkan persatuan dan toleransi antar umat beragama ditengah situasi pandemi sekarang ini. Dalam kesempatan tersebut ia mengajak seluruh warga Indonesia untuk terus meningkatkan semangat kerjasama dalam memantapkan suasana yang damai dan penuh persaudaraan khususnya bagi kita yang saling tinggal di Jerman. Dan apa yang sudah kita lakukan ini agar dapat menjadi contoh bagi seluruh rakyat Indonesia.

Baca Juga: PBNU: Halal Bi Halal Sebagai Pemersatu Masyarakat dan Bangsa Indonesia

Sebelum menutup sambutanya Acep Somantri lebih lanjut berharap agar senantiasa dapat mengedepankan persatuan dan kesatuan serta toleransi beragama untuk membangun Indonesia dan dunia yang lebih baik.

“Terus membangkitkan semangat berjuang kita untuk mengakhiri pandemi dan berhasil membangun kehidupan new normal yang lebih baik, harapanya Acep Somantri Konsul jenderal RI Frankfurt.

---------
Editor: Nasirudin Latif