Perkara yang Dirahasiakan Allah SWT

 
Perkara yang Dirahasiakan Allah SWT
Sumber Gambar: Foto (ist)

Laduni.ID Jakarta - Segala sesuatu pasti punya rahasia yang tersimpan serta memiliki kandungan hikmah tersendiri dibalik setiap rahasia tak terkecuali Allah SWT juga memiliki beberapa rahasia yang tidak diberitahukan kepada  umatnya atau hanya orang orang yang terpilih saja yang diberitahu atau bahkan hanya tanda tandanya saja.

Baca Juga: 3 Perkara yang Perlu Diamalkan Agar Meraih Kesempurnaan Iman

Berikut penjelasan dari Sayidina Umar tentang Sembilan perkara yang dirahasiakan allah kepada Umatnya , diantaranya adalah :

1. Ridho Allah SWT yang tersimpan dalam perbuatan to’at .

Allah SWT merahasiakan dimana keridhoanya dalam perbuatan To’at sehingga manusia tidak tahu  perbuatan to’at yang mana yang didalamnya terdapat ridho Allah SWT  . sehingga manusia mau berusaha mencari ridho allah dalam setiap perbuatan toat kepada Allah dan tidak mengecilkan perbuatan to’at lainya meskipun itu seoleh olah hanya perbuatan kecil .

2. Murka Allah SWT yang tersimpan dalam perbuatan ma’siat .

Selain merahasiakan ridhonya didalan perbuatan to’at , Allah SWT juga merahasiakan murkanya pada tiap tiap perbuatan ma’siat sehingga tidak diketahui dima’siat yang mana murka Allah tersimpan agar manusia berhati hati serta menjahui perbuatan ma’siat yang menjadikan murka Allah SWT .

3. Turunya Lailatul Qodar pada bulan Ramadhan.

Malam lailatul qodar merupakan salah satu rahasia Allah yang tidak bisa dipastikan ditanggal berapa atau hari apa malam lailatul qodar akan turun , karena banyaknya fadhilah serta keutamaan yang terdapat dalam lailatul qodar dimana pahala dimalam tersebut dilipat gandakan menjadi 1000 malam maka oleh Allah malam tersebut dirahasiakan supaya umat manusia mau mencari dan berusaha menemukan malam tersebut seraya melaksanakan ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah pada tiap malam dibulan ramadhan.

Baca Juga: Pendidikan Keimanan dan Amaliah

4. Allah merahasiakan walinya ( sifat kewalian seseorang ).

Diantara perkara yang menjadi rahasia Allah adalah wali wali Allah . oleh karenanya tidak setiap orang bisa mengatakan seseorang adalah seorang wali karena itu rahasia Allah dengan demikian sifat kewalian bisa dinisbatkan kepada siapa saja yang dikehendaki Allah dan tidak seorang pun yang dapat mengetahuinya kecuali orang orang yang dikehendaki Allah . hal tersebut karena dikhawatirkan terjadinya penghinaan yang dilakukan terhadap kekasih Allah , karena kekasih Allah tidak tentu dari golongan orang yang terhormat dalam kedudukan dunia .

5. Kematian

Mati merupakan satu peristiwa yang pasti terjadi pada setiap mahkluk yang beryawa , namun kapan dan dimana merupakan salah satu dari rahasia yang tidak seorangpun mengetahuinya . dengan demikian kita akan menyiapkan bekal untuk menyambut datangnya hari tersebut karena kematian layak untuk siapa saja tanpa batas umur , jabatan , dan derajat seseorang .

6. Shalat Wustho (salah satu sholat lima waktu yang paling utama)

Allah SWT mewajibkan kepada umatnya sholat lima waktu dari kelima sholat wajib tersebut ada salah satu yang diunggulkan mengalahkan yang lainnya yang di beri istilah shalat wustho , namun diantara magrib, isya’ , subuh , zhuhur dan ashar mana yang dinamakan shalat wustho wallahu a’lam , hal tersebut dilakukan supaya manusia yang ingin mendapatkan keutamaan yang lebih harus mencari dimana sebenarnya istilah tersebut dikaitkan dengan menjalankan seluruh 
kewajiban sholat yang dibebankan yaitu lima waktu.

7. Asma’ul A’dhom

Sesuai dengan perintah Allah SWT dalam al Qur’an yang memerintahkan kepada  umatnya untuk berdo’a dengan wasilah Al Asma’ul Husna . sesuai dengan firman Allah SWT dalam surat Al A’raf :

ولله الأسماء الحسنى فادعوه بها” [الأعراف: 180

Bagi Allah nama nama yang bagus maka berdo’alah kepada Allah dengan Asma’ul Husna

Dengan dirahasiakanya Asma’ul A’dhom dari Asma’ul Husna maka manusia tidak akan pilih pilih membaca asma’ul husna karena dari semua asma’ul husna menyimpan rahasia terdapatnya asma’ul  a’dhom.

Baca Juga: Empat Waktu yang Bila Dimanfaatkan Mampu Menghapus Dosa

8. Waktu Mustajabah dihari Jum’at

Sebagaimana hadits Rosulullah SAW tentang keutamaan hari jumat yang diantaranya adalah terdapat satu waktu yang mustajabah sehingga barang siapa berdo’a pada waktu tersebut maka akan dikabulkan permintaanya ,

أتاني جبريل وفي يده كالمرآة البيضاء فيها كالنكتة السوداء فقلت يا جبريل ما هذه قال الجمعة قال قلت وما الجمعة قال لكم فيها خير قال قلت وما لنا فيها قال يكون عيدا لك ولقومك من بعدك ويكون اليهود والنصارى تبعا لك قال قلت وما لنا فيها قال لكم فيها ساعة لا يوافقها عبد مسلم يسأل الله فيها شيئا من الدنيا والآخرة هو له قسم إلا أعطاه إياه أو ليس بقسم إلا ادخر له عنده ما هو أفضل منه أو يتعوذ به من شر هو عليه مكتوب إلا صرف عنه من البلاء ما هو أعظم منه…….

Jibril pernah mendatangiku, dan di tangannya ada sesuatu seperti kaca putih. Di dalam kaca itu, ada titik hitam. Aku pun bertanya, “Wahai Jibril, ini apa?” Beliau menjawab, “Ini hari Jumat.” Saya bertanya lagi, “Apa maksudnya hari Jumat?” Jibril mengatakan, “Kalian mendapatkan kebaikan di dalamnya.” Saya bertanya, “Apa yang kami peroleh di hari Jumat?” Beliau menjawab, “Hari jumat menjadi hari raya bagimu dan bagi kaummu setelahmu. Sementara, orang Yahudi dan Nasrani mengikutimu (hari raya Sabtu–Ahad).” Aku bertanya, “Apa lagi yang kami peroleh di hari Jumat?” Beliau menjawab, “Di dalamnya, ada satu kesempatan waktu; jika ada seorang hamba muslim berdoa bertepatan dengan waktu tersebut, untuk urusan dunia serta akhiratnya, dan itu menjadi jatahnya di dunia, maka pasti Allah kabulkan doanya. Jika itu bukan jatahnya maka Allah simpan untuknya dengan wujud yang lebih baik dari perkara yang dia minta, atau dia dilindungi dan dihindarkan dari keburukan yang ditakdirkan untuk menimpanya, yang nilainya lebih besar dibandingkan doanya.” 

(H.r. Ibnu Abi Syaibah, Thabrani dalam Al-Ausath, Abu Ya’la dalam Al-Musnad )

Hikmah dirahasiakanya waktu mustajabah supaya manusia terus dan terus berusaha menemukan waktu tersebut dengan amal ibadah yang terus bertambah dan bertambah.

Baca Juga: Datangnya Malaikat Munkar dan Nakir ke Alam Kubur Sebagai Penguji Keimanan Ahli Kubur

9. Sab’al Masaani

Sab’al matsani merupakan satu istilah ayat atau surat yang dirahasiakan oleh Allah yang memiliki keistimewaan lebih dengan ayat atau surat lainya , sebagaimana waktu mustajab dihari jumat untuk bisa menemukan sab’al matsani tersebut kita juga harus sering menghatamkan al qur’an .

Demikian sembilan perkara yang dirahasiakan Allah kepada Mahluknya semoga bermanfaat bagi kita semua amin .

Referensi :
Nashoihul Ibad Hal : 43 – 44 cetakan Nurul Huda Surabaya.