Kisah dari Seekor Kuda

 
Kisah dari Seekor Kuda
Sumber Gambar: Dok. Laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta – Banyak hal positif yang dapat kita ambil dalam kehidupan ini, salah satunya adalah dengan merubah kekurangan kita di mata manusia menjadi kekuatan untuk terus maju.

Ada sebuah kisah yang bisa kita renungkan bersama, agar kita dapat terus berjuang dan pantang menyerah, dan menyerahkan segala keputusan kita kepada Allah SWT. Ini merupakan kisah seekor kuda malang yang berhasil keluar dari keterpurukan.

Seekor kuda terperosok ke dalam sumur yang sudah kering. Karena sudah tidak mungkin menolong kuda tersebut, maka orang-orang di kampung memutuskan untuk menutup sumur itu.

Mereka ingin mengubur kuda itu hidup-hidup supaya bangkainya tidak mengganggu dan agar kejadian serupa tidak terulang kembali.

Merekapun bergotong royong mengangkut tanah dan memasukkannya ke dalam sumur. Lalu, apa yang terjadi? Setiap ada tanah yang mengena punggungnya, kuda itu selalu membuangnya ke bawah lalu memindahkan kakinya ke atas tanah tersebut. Semakin tinggi tanah menutupi sumur, maka semakin tinggi pula posisi kuda itu. Sehingga akhirnya ia bisa keluar dari sumur dengan selamat.

Pesan Moral Ke 1:

Begitulah gambaran kita dalam hidup ini. Ketika perjalanan hidup melemparkan beban dan masalah ke punggung kita, maka kesampingkanlah lalu berdirilah dengan kokoh di atasnya, maka suatu saat nanti semua itu akan menaikkan posisi kita ke puncak.

Pesan Moral Ke 2:

Ketika orang-orang meremehkanmu, menghinamu bahkan berusaha menjatuhkanmu, mencelakaimu, justru upaya itu berbalik memberi keberuntungan kepadamu yang terus berjuang, bertahan dan pantang menyerah.