Putus Cinta Apa Obatnya

 
Putus Cinta Apa Obatnya
Sumber Gambar: Dok. Laduni.ID

Assalamu’alaikum wr wb

Saya, A, perempuan. Saya baru putus sama pacar saya yang udah 4 tahun pak sebelumnya saya pernah putus pada 2019 dan saya balikan lagi di tahun 2020 tapi minggu lalu saya putus lagi, pak. Saya diputusin kemarin rasanya ga ikhlas pak. Keluarga saya udah saling kenal udah rencana mau nikah abis lulus kuliah nanti. Saya sayang banget sama dia tapi dia kayaknya udah kecewa banget sama saya pak. Sekarang saya suka merasa ketakutan cemas kalau saya sendirian di kamar saya sendiri. Mohon saran saya harus bagaimana pak?

Wassalamu’alaikum wr wb

Jawaban:

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Terima kasih sudah berkenan berbagi dengan kita. Semoga hari Anda senantiasa dipenuhi dengan keberlimpahan anugerah. Putus cinta memang menyakitkan. Saya bisa memahami perasaan Anda. Apalagi Anda terlanjur berharap akan menikah dengannya.

Baca juga: Masalah Demi Masalah Mengejarku, Saya Harus Bagaimana?

Walaupun saat ini Anda kecewa, sedih dan sebagainya tapi percayalah suatu saat nanti kecewa dan sedih Anda akan berganti bahagia, bahkan rasa syukur yang tidak terhingga. Allah akan mengganti semua rasa sakit hati Anda dengan kebaikan yang luar biasa. Jika Anda bersabar.

Anda tidak perlu terus mengingat kejadian yang sudah lewat, karena mengingat itu terus hanya akan membuat  Anda tidak bahagia dan jauh dari ketenangan. Lebih baik berjuanglah untuk  menenangkan hati. Tidak usah terlalu menyesali yang terjadi, tidak usah terlalu membenci keadaan yang membuat Anda merasa sakit. Anggap saja semua itu sebagai pelajaran berharga dalam hidup.Rasa sakit yang mender jadikanlah pelajaran agar nanti Anda tidak salah lagi dalam menaruh hati atau menaruh harap kepada seseorang yang menawarkan perhatian dan kebaikan pada Anda.

Baca juga: Melepaskan Demi Kesehatan Mental

Semakin lama Anda menyimpan rasa sakit itu, semakin lama pula Anda gundah. Lebih baik buang jauh-jauh rasa sakit itu dan fokus untuk mengejar ketenangan batin. Jangan biarkan rasa sakit terus menguasai hati Anda. Rasa sakit itu akan menyiksa Anda dengan kesedihan. Anda akan terus merasa tidak enak hati, bahkan terus membenci, apabila hati dikuasai rasa sakit.

Belajarlah untuk menerima semua ketetapan Allah. Semua yang terjadi sudah sesuai aturan Allah, karenanya pasti ada kebaikan di dalamnya. Allah tidak akan mendatangkan rasa sakit hati  tanpa ada penawar bersamanya. Intinya adalah belajar menerima apapun yang terjadi.  Suatu saat nanti Anda akan mengerti apa yang sebenarnya Allah rencanakan.

Baca juga: Ingin Cepat Menikah tapi Modal Belum Cukup, Harus Bagaimana?

Berusahalah untuk legowo saja atas kejadian yang selama ini menimpa. Redakan hati Anda dari rasa kecewa. Ketenangan batin akan Anda peroleh jika Anda bisa legowo dan ikhlas menerima semuanya.

Mungkin itu yang bisa saya sampaikan. Mudah-mudahan ada manfaatnya.

Wassalamu’alaikum warahmatulllahi wabarakatuh

Salam hormat
Dr. Muhammad Fakhrurrozi, M. Psi, Psi