Guru Bersanad akan Mengeluarkan Kamu dari Lima Perkara Ini

 
Guru Bersanad akan Mengeluarkan Kamu dari Lima Perkara Ini
Sumber Gambar: Dok. Laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta – Sanad adalah hubungan yang menentukan kepastian sebuah ilmu. Ibnul Mubarak berkata: "Sanad merupakan bahagian dari agama, kalaulah bukan kerana sanad, maka pasti akan berkata siapa saja yang mahu dengan apa saja yang diinginkannya (dengan akal fikirannya sendiri)." (Diriwayatkan oleh Imam Muslim dalam Muqoddimah kitab Shahihnya 1/47 no: 32)

Sahabat Abdullah bin Abbas ra mengatakan:

الاسناد عندي من الدين, فمن احسن العداله لقال ماشاء من شاء

“Sanad itu bagian dari agama, barang siapa yang tidak mempunyai sanad kepada guru maka ia akan mengatakan apa yang ia mau, apa yang ia tuju.”

Maka dari itu, hati-hati kalau mendengarkan pembicaraan. Koreksi, bila itu benar dalam agama maka ikuti dan kerjakanlah.

“Kalau bukan karena Tuhanku aku tak akan kenal Guruku dan, kalau bukan karena Guruku, aku tidak akan mengenal siapa Tuhanku. Janganlah kamu asal duduk terhadap orang yang berilmu, tapi duduklah kepada orang alim yang mengeluarkan kamu dari lima perkara terhadap lima perkara pula".

Apa saja lima perkara tersebut?

من الشك الى يقين

1. “Carilah guru yang mengeluarkan kita dari keraguan terhadap kebenaran agama, sehingga kita yakin atas kebenaran islam dan iman.”

من الرياء الى الإخلاص

2."Carilah guru yang mengeluarkan kita dari penyakit riya’ menuju ikhlas.”

من الرغبة الى الزهد

3."Carilah guru yang bisa mengeluarkan kita dari cinta terhadap dunia menjadi zuhud terhadap dunia.” karenanya dikatakan.

فان محبة الله ومحبة الدنيا لايستمعان فى قلب العبد كما لايستمع النار والماء فى اناء واحد

“Cinta terhadap Allah SWT dan cinta terhadap dunia tidak akan menyatu seperti tidak akan menyatunya api dan air dalam satu wadah.”

من الكبر الى التواضع

4."Carilah guru yang bisa mengajak kita dari sifat kesombongan menuju tawadhu’.”

إن الله لايحب المستكبرين

Allah benci terhadap orang yang sombong.

من الاداوات الى النصيحه

5."Marilah orang yang berilmu yang mengeluarkan kita dari sifat permusuhan menuju saling menasehati dengan rahmat dan kasih sayang."

Bukankah Kanjeng Nabi Muhammad SAW bersabda:

“المسلم من سلم المسلمون من لسانه ويده”

Siapakah Orang Islam itu? Orang Islam adalah orang yang memberikan rasa aman pada lingkungannya, tetangga dan sesama ciptaan Allah SWT.

Waallahu a'lam bi showab. Semoga Bermanfaat. Aamiin Allohumma Aamiin.

 

Sumber: https://www.facebook.com/pesantrenon/posts/320802126198540