Kisah Penyair di Masa Rasulullah

 
Kisah Penyair di Masa Rasulullah
Sumber Gambar: surau.co

Laduni.ID, Jakarta – Jangan macam-macam dengan orang yang banyak bershalawat dan memuji Rasulullah ﷺ.

Dahulu, ada seorang penyair hebat dan sangat terkenal yang bernama Syaikh Farazdaq, di mana beliau selalu asyik memuji Rasulullah ﷺ, beliau mempunyai kebiasaan melakukan ibadah haji setiap tahunnya.

Suatu waktu ketika beliau melakukan ibadah haji kemudian datang berziarah ke makam Rasulullah ﷺ dan membaca qasidah di makam baginda ﷺ, dan ketika itu ada seseorang yang mendengarkan qasidah pujian yang dilantunkannya.

Setelah selesai membaca qasidah, orang itu menemui Syaikh Farazdaq dan mengajak beliau untuk makan siang ke rumahnya. Beliau pun menerima ajakan orang tersebut dan setelah berjalan jauh hingga keluar dari Madinah al-Munawwarah sampailah keduanya di rumah yang dituju.

Sesampainya di dalam rumah, orang tersebut memegangi Syaikh Farazdaq dan berkata, “Sungguh aku sangat membenci orang-orang yang memuji-muji Muhammad, dan kubawa engkau ke sini untuk ku gunting lidahmu!” Maka orang itu menarik lidah beliau lalu mengguntingnya dan berkata, “Ambillah potongan lidahmu ini dan pergilah untuk kembali memuji Muhammad!”

Maka Syaikh Farazdaq pun menangis karena rasa sakit dan juga sedih tidak bisa lagi membaca syair untuk Sayyidina Muhammad ﷺ. Kemudian beliau datang ke makam Rasulullah ﷺ seraya berdoa:

“Ya Allah ﷻ jika penghuni makam ini tidak suka atas pujian-pujian yang aku lantunkan untuknya, maka biarkan aku tidak lagi boleh berkata-kata seumur hidupku, karena aku tidak memerlukan lidah ini kecuali hanya untuk memuji-Mu dan memuji Nabi-Mu. Namun jika Engkau dan Nabi-Mu ridho, maka kembalikanlah lidahku ini ke mulutku seperti semula.”

Beliau terus menangis hingga tertidur dan bermimpi berjumpa dengan Rasulullah ﷺ yang berkata, “Aku suka mendengar pujian-pujianmu, berikanlah potongan lidahmu.”

Lalu Rasulullah ﷺ mengambil potongan lidah itu dan mengembalikannya pada tempatnya semula.

 

Sumber: Arif Anwari


Editor: Daniel Simatupang