Ketua NU Jakpus: KH Abdul Wahab Chasbullah Adalah Ulama Visioner Abad 20

 
Ketua NU Jakpus: KH Abdul Wahab Chasbullah Adalah Ulama Visioner Abad 20
Sumber Gambar: Dok. Laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta – KH Abdul Wahab Chasbullah adalah ulama yang nasionalis dan tokoh nasionalis yang ulama. Semasa hidupnya dihabiskan untuk berjuang dan berkhidmah ke NU, serta kemerdekaan negara Indonesia. Hal ini disampaikan oleh Ketua PCNU Jakarta Pusat Gus Syaifuddin sebelum mengikuti Haul Virtual di Sekretariat PCNU Jakarta Pusat Kramat Lontar, Senen, Jakarta Pusat, Selasa (22/6).

“Dalam langkah dan pemikiran, Mbah Wahab begitu jeli, teliti dan melampaui batas akal manusia. Teknologi percetakan contohnya, sudah Mbah Wahab lakukan sebelum banyak orang lain pikirkan,” kata Gus Syaifuddin.

Gus Syaifuddin menjelaskan respon dan inisiatif yang tinggi selalu Mbah Wahab lakukan demi hadirnya NU di tengah masyarakat. Selain tenaga, raga dan dana pun Mbah Wahab keluarkan demi NU dan Negara.

“Lagu Syubbanul Wathon yang isinya ada ungkapan ‘cinta tanah air adalah sebagian dari iman’ adalah bukti Mbah Wahab sangat cinta kepada negara, padahal itu bukanlah hadis, namun syair yang dibuat Hadrotussyaikh KH Hasyim Asyari dan disebarluaskan oleh Mbah Wahab,” jelas Gus Syaifuddin.

Pada momentum Haul Emas ke-50 ini, Gus Syaifuddin mengajak kepada seluruh warga NU dan santri dimana pun berada untuk bersama-sama meneruskan perjuangan Mbah Wahab.

“Mbah Wahab adalah ulama visioner abad 20, di abad tersebut sangat sedikit ulama yang gigih berkorban melalui harta, tenaga, dan nyawa untuk kemerdekaan negara Indonesia. Langkah dan ide yang lahir dari Mbah Wahab pun sangat cemerlang dan membuat orang lain terheran-heran,” tutup Gus Syaifuddin.

Oleh: Farhan Maksudi 


Editor: Daniel Simatupan