Ketekunan Tidak Akan Pernah Mengecewakan Kita

 
Ketekunan Tidak Akan Pernah Mengecewakan Kita
Sumber Gambar: ilustrasi Tekun belajar/Tima Miroshnichenko/Pexels/Laduni.ID

Laduni.ID Jakarta - Sebenarnya, apa sih ketekunan itu? Ada pepatah: "Tapi sungguh, siapa pun yang sabar dan tekun akan mekar seperti bunga, akan indah seperti purnama dan menakjubkan seperti kupu-kupu".

Kata tekun, sudah pernah kita dengar dalam kehidupan sehari-hari kita. Salah satu contoh yang paling mudah kita temui adalah belajar dengan tekun!

Kata tekun ini, bisa menjadi penyemangat bagi kita. Jika kita bersemangat, bersungguh-sungguh dan tekun, tentu apa yang kita cita-citakan pasti dengan mudah bisa diraih.

Tekun ini juga menjadi salah satu bentuk contoh sikap, maupun perilaku terpuji, dari seseorang. Sehingga, tidak menutup kemungkinan, jika seseorang yang tekun, maka hidupnya juga nanti akan berubah, menjadi lebih baik dan maju.

Baca Juga: Faktor X Meraih Keberkahan Ilmu

Tekun, adalah aspek atau rasa ingin bersungguh-sungguh untuk menggapai sesuatu. Dalam hal ini, tekun juga bisa dikatakan sebagai rajin. Tekun ini juga sebagai bentuk berkembangnya dari rasa percaya diri.

Ketekunan

Ketekunan itu adalah sebuah sikap pejuang, yang pantang menyerah dan terus berusaha melakukan yang terbaik di saat kondisi terburuk sekalipun. Ketekunan akan membentuk orang menjadi tahan banting; pandai melihat peluang di tengah penghalang. Dan, buahnya adalah keberhasilan. Nilai-nilai yang seperti inlah yang perlu dimiliki oleh seorang muda.

Ketekunan adalah ketika kamu tetap bertahan, teguh, dan pantang menyerah dalam mencapai tujuan, terus mencoba dan tidak goyah oleh keadaan, sampai menemukan jalan keluar atau mengatasi tantangan. Mungkin kamu tak selamanya sukses atau selalu berhasil, ada masanya kamu gagal, baik secara fisik maupun spiritual. Namun, jangan menyerah, tetaplah berjuang meski untuk jangka waktu yang lama.

Tantangan itu nyata

Sudah kita fahami bersama, bahwa dunia saat ini banyak menawarkan hal-hal yang serba instan, praktis dan cepat. Tapi untuk meraih keberhasilan dalam hidup, tidak ada yang instan, semuanya membutuhkan proses. Kita perlu memiliki ketekunan, untuk melalui setiap proses itu, karena ketekunan dan kesabaran adalah cara terbaik untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

Biasanya, jika anak ataupun seseorang yg memiliki perilaku tekun ini, tak akan pernah merasa yang namanya lelah. Walaupun ia sedang melakukan kegiatan tersebut, dirinya pasti akan bersungguh-sungguh dan tak akan pernah atau tak akan mudah putus asa. Walau banyak rintangan dan hambatan hingga kesulitan, orang yang tekun akan tetap terus menjalaninya dan tidak akan mudah terganggu.

Baca Juga: Syarat Mengajar Hadist bagi yang Tidak Mengetahui Ilmu Musthalah Hadits

Sikap atau perilaku tekun ini pasti sangat kita butuhkan untuk bisa melakukan tugas dan ibadah sehari-hari. Kita harus bisa tekun dalam melaksanakan ibadah, bekerja dan juga belajar.

Daya tahan dan bijaksana

Daya tahanmu akan terlatih ketika kamu mengalami masalah, tantangan, cobaan, kesulitan hidup, dan penderitaan. Saat ini terjadi, ada dua pilihan: "Kamu tekun, atau kamu menyerah". Kalau kamu menyerah, kamu akan frustrasi, kecewa, terpuruk, bahkan kehilangan harapan dan Iman. Dengan kata lain, kamu menjadi bulan-bulanan keadaan, karena memilih menyerah.

Selain itu, tentu ada kalanya, kita perlu bijaksana dalam mengevaluasi, apakah kesulitan kamu disebabkan karena cara yang tidak tepat? Atau mungkin motivasi kamu salah, atau minat kamu tidak sejati. Barangkali kita mengerjakan terlalu banyak hal, atau perlu menyusun goal yang lebih realistis. Apa pun kendala kamu saat ini, dgn ketekunan, kamu tidak menyerah hanya karena satu-dua halangan. Cepat atau lambat, dgn cara yang mungkin tak terpikirkan olehmu, buah dari ketekunan itu akan menghasilkan hasil yang manis.

Tekun dan ulet

Kata sesepuh kita, tekun erat kaitannya dengan ulet. Ulet ini juga memiliki arti tidak mudah putus asa meskipun beribu-ribu bahkan berjuta-juta rintangan menanti.

Apabila seseorang memiliki ketekunan dan keuletan ini, maka sangat mudah untuk meraih kesuksesan hidup. Terlebih apabila didampingi dgn berdoa dan berserah diri kepada Allah subhanahu wa ta'ala, tentu jalan yg akan kita lalui semakin mudah.

Tetaplah bertekun ria

Maka dari itu, pilihlah untuk tetap tekun. Namun, jangan hanya karena mengharapkan buah atau hasilnya secara instan, yang terpenting di sini adalah kemauan kamu untuk menjalani semuanya dengan rela dan gigih. Karena dengan demikian maka kamu telah berada di jalur yang benar.

Dalam bertekun, kita memerlukan Iman, keberanian, serta daya tahan. Ketika kita merasa tidak sanggup melewatinya sendirian, jangan segan meminta dukungan, doa atau bantuan dari saudara-saudara atau orang yang dapat kita percaya.

Baca Juga: Kolom Gus Nadir: Ketika Ilmuwan, Ulama dan Profesor Dibully di Medsos

Mari kita terus tekun, melatih diri kita untuk tetap tekun dalam seluruh tanggung jawab kita, dan nikmati setiap proses yg Allah berikan dalam hidup kamu.

Mari kita terus bertekun !Sebab, ada keyakinan berbasis historisitas pengalaman,  bahwa ketekunan tidak akan pernah mengecewakan kita !!
Wallahu a’lam
---------
Oleh: Al-Faqir Gus Ahmad Zaini Alawi (Khodim Jamaah Sarinyala Kabupaten Gresik)
Editor: Nasirudin Latif