Siswa MAN OKI Sumsel Raih Medali Perunggu di Olimpiade Biologi

 
Siswa MAN OKI Sumsel Raih Medali Perunggu di Olimpiade Biologi
Sumber Gambar: Siswa MAN IC OKI, M. Rizki Aulia (Foto: Humas Kemenag)

Laduni.ID, Jakarta -  Siswa Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) dari Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Muhammad Rizqi Aulia, berhasil meraih medali perunggu dalam ajang olimpiade International Applied Biology Olympiad (IABO) Tahun 2021. Ajang ini diselenggarakan oleh Indonesia Scientific Society (ISS) secara daring yang tahapannya digelar sejak 19 Juni 2021 hingga 4 Juli 2021.

Kompetisi Internasional ini ditujukan kepada para siswa dari kelas 9 hingga kelas 12. IABO diikuti oleh 160 peserta dari 21 negara. Di babak semifinal, Rizki sempat bersaing dengan peserta dari sembilan negara lainnya, yaitu; Armenia, India, Khazakhstan, Nepal, Nigeria, Peru, Filiphina, Turki dan Uni Emirat Arab.
Rizqi mengatakan, dirinya masuk tahap final setelah membuat Scientific Paper pada babak semifinal yang berlangsung  23 Juni 2021.

"Saya kemarin telah menyelesaikan Scientific Paper di babak semi final dengan Judul Insuline Hormone: The Glucose Controller," ucap Rizqi di OKI, Selasa, 29 Juni 2021, dikutip dari Humas Kemenag. Kompetisi IABO meliputi pembuatan Scientific Paper dan presentasi. Keduanya dilaksanakan secara daring. Topik presentasi yang disajikan Rizki berjudul; "Ion Deficiency Anemia". Presentasi ini membahas tentang studi kasus penderita Anemia, mulai dari keluhan, pemeriksaan fisik dan lab sampai hasil diagnosis.

Presentasi ini juga menjawab lima soal essay tentang fisiologi tubuh manusia, yaitu: masalah pada sistem reproduksi, proses pembentukan eritrosit (hemtopoitetic) selama kehamilan, sistem aliran darah untuk ibu hamil, defisiensi zat besi pada penderita anemia khususnya pada kehamilan, dan aspek farmakologi dari suplemen zat besi dalam kehamilan.

Kepala MAN IC OKI, Kiagus Faisal mengapresiasi capaian Muhammad Rizqi Aulia. Menurutnya, dalam situasi pandemi covid-19, siswa madrasah terus berprestasi, bahkan hingga tingkat dunia. "Alhamdulillah, delegasi MAN IC OKI ikut mengharumkan nama bangsa. Muhammad Rizqi Aulia, Siswa MAN IC OKI Provinsi Sumatera Selatan, berhasil meraih medali perunggu," " ujar Faisal di OKI, Senin, 12 Juli 2021, sebagaimana dilansir Humas Kemenag.

Menurut Faisal, selain Rizqi, ada beberapa siswa SMA yang meraih medali pada ajang tersebut.  Muhammad Rizqi Aulia meraih perunggu bersama peserta dari Armenia dan UAE. Sementara peraih perak peserta asal Nigeria, Kazakhstan, Armenia, Indonesia, UAE, Turkey, India, dan Nepal. Medali Emas diraih peserta dari Armenia, Peru, Filiphina, Indonesia. Sedang Grand Award diraih peserta asal Filiphina. "Hasil lomba diumumkan pada 10 Juli 2021 malam melalui Virtual Zoom Meeting," pungkasnya.

Sumber tulisan : humas kemenag
(Editor: Ali Ramadhan)