Belajar Menjadi Pendengar yang Baik dari Sayyid Mujtaba

 
Belajar Menjadi Pendengar yang Baik dari Sayyid Mujtaba
Sumber Gambar: FB KH Ismael Amin Kholil

Laduni.ID, Jakarta – Ada banyak sosok menakjubkan yang pernah saya temui di Tarim dan sudah saya tuangkan kisahnya dalam buku Catatan dari Tarim, sebut saja Sayyid Hamid, Habib Husein Haddad, dan tentunya Sayyidil Habib Umar (buat yang belum punya cepetan beli bukunya, hehehe).

Namun ada satu sosok “masyaallah” yang belum sempat saya ceritakan, sosok itu adalah guru kebanggaan orang Indonesia di Darul Musthofa Tarim, Syaikhuna wa Ustadzuna Sayyid Mujtaba Bin Syihab.

Sayyid Mujtaba – begitu kami biasa memanggil beliau – adalah sosok yang alim luar biasa (di Darul Musthafa beliau bahkan dipasrahi untuk mengajar materi-materi sulit di kelas tinggi) saya sendiri pernah mengaji kepada beliau Ilmu Ushul, Mutammimah Jurumiah dan Kitab Nahwu Qotrunnada karya Ibnu Hisyam itu.

Namun selain keilmuan beliau yang luar biasa itu, ada satu hal yang membuat saya dan banyak orang kagum, hal itu adalah ketawadhuan dan akhlak beliau yang sangat-sangat baik kepada siapapun. Setiap orang yang duduk dengan beliau pasti akan dibuat jatuh cinta oleh akhlak beliau terutama ketika beliau berbicara dan mendengarkan omongan kita.

Kalian punya pengalaman berbicara dengan seseorang yang tidak fokus kepada pembicaraan kalian? Atau bahkan tidak menghiraukan sama sekali dan malah nolah-noleh sana sini? Saya punya! Bukan hanya dicuekin satu orang malah tapi puluhan orang! Tepatnya ketika saya mengisi ceramah di acara tasyakurran anak SD atau di acara mantenan yang audiensnya cuma fokus ke kostum kedua mempelai. Bisa kalian bayangkan betapa sakit dan menyebalkannya dicuekin orang sebanyak itu.

Sayyid Mujtaba – yang asli Palembang ini – bukan orang yang seperti itu, semua orang yang pernah duduk dengan beliau mengakui bahwa beliau adalah pembicara yang sangat baik dan mumpuni tapi lebih dari itu, beliau adalah pendengar yang sangat baik, tak heran beliau menjadi rujukan curhat favorit anak-anak Darul Musthofa. Ketika kami berbicara dengan beliau, beliau memberikan semua “telinga”, perhatian dan antusiasnya seakan-akan kami sedang menceritakan kepada beliau hal paling penting yang ada di dunia ini.

Semua yang duduk dengan beliau pasti akan merasa sangat diperhatikan dan dihormati, seakan-akan beliau bukanlah seorang habib dan guru besar melainkan salah satu diantara kita. Saya lantas teringat akhlak salah satu ulama Tabi’in, Atho’ Bin Robah namanya, beliau pernah berkata:

إن الشاب ليتحدث بحديثي كأني لم أسمعه، ولقد سمعته قبل أن يولد

“Seringkali ada anak muda bercerita kepadaku, aku mendengarkannya seakan aku belum pernah mendengar cerita itu sebelumnya, padahal aku sudah mendengarnya sebelum ia lahir.”

Sesekali beliau juga mengangguk atau tersenyum lantas mengucapkan masyaallah mengomentari omongan kami, persis seperti budi pekerti Rasulullah Saw yang diceritakan Imam Ghozali dalam kitab Ihya’-nya:

كان رسول الله أكثر الناس تبسما في وجوه أصحابه و تعجبا مما تحدثوا به

“Rasulullah SAW adalah orang yang paling banyak tersenyum di depan para Sahabatnya, beliau juga yang paling banyak menunjukkan kekaguman atas apa yang diceritakan para sahabatnya.”

Seorang Alim, pemilik akhlak yang luar biasa, tapi tawadhu’nya Masyaallah! kurang apa lagi? Bagi saya Duduk lama bersama beliau seperti kemarin – meski membuat minder – adalah sebuah mood booster. Melihat sosok seperti beliau juga bisa Membuat kita sadar diri dan membumi ketika nafsu mulai mengajak kita untuk menyombongkan diri dan merasa lebih dari kebanyakan orang.

Kemarin saya dan beliau ngobrol tentang banyak hal, namun ada satu komentar beliau tentang Habib Umar yang seketika membuat air mata saya hampir tumpah:

‎رأيت من الحبيب أشياء نخجل بها من أنفسنا

“Kita melihat dari sosok Habib Umar hal-hal yang luar biasa, yang membuat kita malu ketika melihat diri kita sendiri.”

Itu komentar beliau setelah menceritakan salah satu momen indah beliau bersama Habib Umar.

In the end, tidak akan cukup rasanya satu tulisan ini menceritakan tentang beliau. Oh iya, ada satu lagi hal yang masyaallah tentang beliau, yaitu kecintaan beliau kepada Rasulullah mulai sejak kecil. Konon – menurut cerita yang sudah sangat viral di kalangan kami murid-murid beliau – beliau ini dulu ketika mondok di Jakarta, di tempat Habib Jakfar Alatthos. Sebelum tidur beliau selalu menulis surat yang kemudian beliau sisipkan di bawah bantalnya, tak jarang beliau menangis ketika menulis surat itu. Teman-temannya tentu penasaran apa rahasia di balik surat itu, suatu hari ada temannya yang iseng unboxing isi surat yang beliau tulis tiap malam sebelum tidur itu, ternyata itu adalah surat ungkapan rasa cinta dan rindu beliau, bukan surat cinta untuk Starla, tapi surat cinta beliau untuk Baginda Nabi SAW. Allahuma sholli ala Sayyidina Muhammad.

Terakhir dengan tulisan ini semoga kita semua bisa meneladani dan mendapat berkah beliau, berkah kecintaan beliau kepada Habib Umar, dan buat kalian yang ada di Jakarta sayang beribu sayang jika belum sempat duduk atau mengambil ilmu dan faidah dari beliau, saya aja yang jauh dari Madura bela-belain buat ketemu beliau.

Beliau sekarang tinggal di Kantor Majlis Muwasholah Jakarta, ditugaskan secara khusus oleh Habib Umar untuk menghandle Majlis Muwasholah.

Di tulis di dalam Pesawat Rute Jakarta-Surabaya

8 Dzul Hijjah 1442 H

Oleh: KH Ismael Amin Kholil


Editor: Daniel Simatupang