Amalan dari Abah Guru Sekumpul untuk Keluarga yang Baru Meninggal

 
Amalan dari Abah Guru Sekumpul untuk Keluarga yang Baru Meninggal
Sumber Gambar: Dok. Laduni.ID (ist)

Laduni.ID, Jakarta – Di masa pandemi covid-19 ini kita sering sekali mendapat kabar bahwa banyak orang meninggal karenanya. Tidak hanya itu, kita juga sering mendengar kabar bahwa guru, teman, kerabat bahkan ada dari keluarga kita yang juga meninggal karena covid-19.

Terdapat amalan yang bisa kita kerjakan untuk keluarga yang telah meninggal, amalan ini disampaikan oleh Abah Guru Sekumpul. Berikut amalannya:

Dalam sebuah hadist, Nabi SAW menerangkan bahwa:

“Sesungguhnya yang paling dahsyat bagi seorang mayyit adalah di malam pertama/penambayan, masuk ke liang kubur, maka hendak lah bersedakah untuk mayyit itu. Maka jika tidak, Shalat lah olehmu dua rakaat untuk mayyit.”

Pada rakaat pertama shalat bacalah Surah al-Fatihah dan Ayat Kursi sebanyak satu kali, lalu dilanjutkan dengan Surah at-Takatsur sebanyak satu kali, dan terakhir Surah al-Ikhlas sebanyak 11 kali. Pada rakaat kedua, bacaannya sama dengan rakaat pertama.

Kemudian sesudah salam dilanjutkan dengan membaca doa:

“Ya Allah, sesungguhnya aku telah mengerjakan sholat ini dan Engkau Maha Tahu, maka sampai kan lah pahalanya kepada fulan bin/binti fulan.”

Maka almarhum atau almarhumah itu akan...

Dapatkan akses fitur artikel biografi dan chart geneology/ silsilah di Laduni.id secara berlangganan untuk mendukung keberlanjutan dan pengembangan Laduni.id.

Masuk ke Laduni