Bantu Masyarakat Isoman Covid 19, KODI Jakarta Bentuk Satgas Da'i Peduli Umat

 
Bantu Masyarakat Isoman Covid 19, KODI Jakarta Bentuk Satgas Da'i Peduli Umat
Sumber Gambar: Penyerahan bantuan KODI kepada pasien Covid yang tengah menjalani Isoman (Foto: Dok KODI Jakarta)

Laduni.ID, Jakarta - Koordinasi Dakwah Islam (KODI) DKI Jakarta bersama Forum Komunikasi Lembaga Dakwah (FKLD) DKI Jakarta dan Syiar Dai Indonesia (SDI) membentuk satuan tugas (satgas) Da'i Peduli Umat. Ketua KODI DKI Jakarta, KH. Jamaluddin F. Hasyim menuturkan, terbentuknya Satgas Da'i Peduli Umat itu dilatari oleh keprihatinan mendalam terhadap korban Covid 19 di Ibukota. Merasa terpanggil oleh situasi itu, KODI, FKLD dan SDI berkolaborasi, berinisiatif membentuk Satgas Da'i Peduli Umat untuk turut membantu penanganan wabah Covid 19, utamanya terhadap masyarakat yang tengah menjalani isolasi mandiri (isoman).

Hal itu disampaikan oleh Kiai Jamaluddin F Hasyim saat menyerahkan bantuan kepada pasien Covid 19 yang tengah menjalani isoman di rusun daerah Pulo Gebang, Jakarta Timur, Senin 2 Agustus 2021. “Kegiatan ini, merupakan bakti kepedulian kami kepada pasien isoman Covid 19 yang kami lakukan di beberapa rusun di daerah DKI Jakarta, dan hari ini kami buka di Rusun Rawa Bebek Jakarta Timur," tutur pria yang akrab di sapa Ustadz Jamal dalam keterangan tertulisnya yang diterima redaksi Laduni.ID, Rabu 4 Agustus 2021.

Lebih lanjut, Ustadz Jamal menjelaskan, aksi Satgas Da'i Peduli Umat ini meliputi tiga agenda progam. Pertama, program pemberian paket bantunan makanan untuk mereka yang menjalani isoman. Program ini akan menyasar pasien isoman Covid 19 yang tinggal di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. "Tahap awal adalah Rusun Rawa Bebek, Rusun Pulo Gebang, Rusun Cakung Barat,  Rusun Rorotan Cilincing dan Rusun Jatinegara," terang Ustadz Jamal.

Kedua, layanan bimbingan rohani yang dalam hal ini Satgas Da'i Peduli Umat akan melakukan pendampingan berikut konsultasi keagamaan berkala secara online. "Baik via group WA Isoman maupun secara daring," sambungnya

Program ketiga, layanan pamulasaran jenazah Covid 19. "Melalui layanan fardhu kifayah jenazah covid dan pelayanan Tahlil Online dari keluarga shohibul musibah. Konsentrasi kegiatan Satgas sementara ini berada di TPU Rorotan," tukas Ustadz Jamal.

Sementara itu, Ketua SDI yang juga Ketua Pelaksana Satgas Da'i Peduli Umat, Ustadz Rakimin Al Jawi menyebutkan bahwa pelaksanaan aksi program ini direncanakan akan berjalan serentak dan intensif. "Alhamdulillah, kegiatan kami direspon baik oleh warga sekitar, terutama pasien Covid Isoman. Kegiatan hari ini berjalan serentak dan direspon baik oleh warga rusun," ungkap Ustadz Rakimin.

Pada kesempatan itu, ia menyampaikan ucapan terima kasih kepada pengelola rusun dan masyarakat sekitar atas kerjasamanya sehingga realisasi program tersebut dapat berjalan lancar. "Para pimpinan Rusun juga sangat berterimakasih dan tersentuh sekali atas program aksi peduli umat yang dilaksanakan oleh KODI DKI, FKLD dan Syiar Dai Indonesia. Mereka berharap agar KODI DKI bisa terus membantu pembinaan dakwah di setiap rusun dibawah naungan setiap UPRS (Unit Pengelolaan Rumah Susun) yang ada di wilayah Jakarta," pungkasnya.

Editor : Ali Ramadhan