Cium Tangan Greysia, Apriyani Tunjukkan Nilai Luhur Bangsa Indonesia

 
Cium Tangan Greysia, Apriyani Tunjukkan Nilai Luhur Bangsa Indonesia
Sumber Gambar: Routers/Hamad I Mohammed

Laduni.ID, Jakarta – Diraihnya medali emas oleh Greysia dan Apriyani di cabor bulu tangkis Olimpiade Tokyo 2020 kemarin berhasil membuat seluruh masyarakat Indonesia bangga. Terlebih setelah melihat perjuangan mereka mengalahkan pebulu tangkis asal Cina di laga final, suasana mengharukan dan emosional terjadi.

Namun ada satu hal yang unik dari Apriyani dan Greysia, yaitu momen di mana Apriyani mencium tangan Greysia. Kebiasaan Apriyani yang kerap kali tertangkap oleh kamera itu jarang sekali terlihat di zaman sekarang.

Pada interval 11-8 gim pertama, Apriyani langsung menghampiri Greysia dan meraih tangannya untuk dicium. Sedangkan Greysia menyambutnya dengan mengelus kepala Apriyani, momen terulang yang sangat unik terjadi di tengah-tengah pertandingan kancah dunia seperti olimpiade.

Ketika diwawancarai oleh CNNIndonesia, Apriyani mengungkapkan bahwa itu adalah tindakan spontan yang keluar dari dirinya. “Itu refleks saja. Karena kebiasaan saya sih sering cium tangan ke yang lebih tua,” kata Apriyani.

Memang sebelumnya diketahui bahwa Greysia merupakan Atlet tertua dari Indonesia, Greysia yang berusia 33 tahun bergandengan dengan Apriyani yang 10 tahun lebih muda darinya.

Adegan cium tangan Greysia terlihat sangat indah, secara tidak langsung Apriyani kembali menggelorakan tentang etika, moral dan budi pekerti yang mungkin jarang sekali ditemui di masa yang serba modernis ini.

Kebiasan Apriyani mencium tangan Greysia ternyata berhasil menciptakan keharmonisan dan sinergitas di antara keduanya, sehingga mereka berdua berhasil mencapai puncak tertinggi di pesta olaharaga terbesar di dunia saat ini.

Apriyani berhasil menunjukkan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia di mata dunia, dia mencium tangan Greysia tanpa melihat latar belakangnya seperti apa. Dan semua yang menyaksikan bisa melihat, miniatur keindahan, keagungan, kebersamaan yang bernama Indonesia terlihat pada mereka berdua.

Mungkin karena itulah mereka berhasil memberikan kado terindah menjelang hari kemerdekaan Bangsa Indonesia yang ke-76, dan semesta ikut berbangga, semesta ikut berbahagia, dan semesta ikut bereuforia atas kemenengan mereka berdua. Greysia/Apriyani berhasil mendapatkan cinta semesta.

Keterangan foto: Tradisi cium tangan Apriyani Rahayu ke Greysia Polii (Getty Images)


Editor: Daniel Simatupang