Usulkan Habib Ali Kwitang Jadi Pahlawan Kemerdekaan, PWNU DKI Jakarta Minta Izin ke Pihak Keluarga

 
Usulkan Habib Ali Kwitang Jadi Pahlawan Kemerdekaan, PWNU DKI Jakarta Minta Izin ke Pihak Keluarga
Sumber Gambar: dokumentasi/Instagram PWNU DKI Jakarta

Laduni.ID, Jakarta – Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) DKI Jakarta pada, Jumat (4/9/2021) kemarin mengunjungi kediaman keluarga Habib Ali bin Abdurrahman Alhabsyi (Habib Ali Kwitang, w. 1986) untuk meminta izin mengusulkan Habib Ali Kwitang menjadi Pahlawan Kemerdekaan.

Sebagaimana dilansir dari NU Onlone (6/9/2021), usulan tersebut datang dari masyarakat DKI Jakarta yang sangat ini masih merasakan perjuangan dan kiprah Habib Ali pada masanya.

“PWNU mengusulkan ini Bib kepada Al Walid Habib Ali bin Abdurrahman Alhabsyi untuk diusulkan ke negara supaya bisa menjadi pahlawan kemerdekaan, tapi semua itu harus izin keluarga. Kalau memang diperbolehkan, kami akan membuat surat ke Presiden, bahwa allahyarham Habib Ali supaya menjadi salah satu pahlawan kemerdekaan,” kata Ketua PWNU DKI, Kiai Samsul Ma'arif kepada keluarga Habib Ali Kwitang.

Sebagai sosok terdepan yang mensyiarkan agama Islam di Jakarta, Habib Ali Kwitang juga merupakan tokoh dibalik berdirinya Majelis Taklim Kwitang (Islamic Center Indonesia) yang di kemudian hari menjadi cikal-bakal lahirnya organisasi Islam di Jakarta. Dari majelis inilah kemudian juga lahir nama-nama besar dan tokoh ulama Betawi seperti KH Abdullah Syafie, KH Thahir Rohili, dan KH Fatahillah Harun.

“Habib Ali Kwitang kala itu yang menentukan hari dan waktu proklamasi kemerdekaan Indonesia,” jelasnya.

Pihak keluarga Habib Ali Kwitang juga mengingat kembali betapa besarnya rasa cinta Habib Ali Kwitang kepada Gus Dur. Perlu diketahui, saat masih nyantri dengan Habib Ali, Gus Dur pernah mengkhatamkan Sembilan kitab kecil dihadapan beliau.

“Gus Dur kata Walid (Habib Ali Kwitang), seluruh Auliya'illah min Masyariqil Ardhi ilaa Maghoribiha, kenal dengan Gus Dur,” kata salah satu pihak keluarga.


Editor: Daniel Simatupang