4 Cara Menghadapi Rekan Kerja yang Toxic

 
4 Cara Menghadapi Rekan Kerja yang Toxic
Sumber Gambar: Ilustrasi/Pixabay

Laduni.ID, Jakarta – Sebagai makhluk sosial, manusia tidak bisa lepas dari relasi sosial sesamanya. Dari hubungan relasi tersebut, manusia juga dihadapkan pada hubungan yang tidak sehat (toxic relationship), baik itu sebagai korban toxic relationship ataupun sebagai toxic people (orang yang toxic) itu sendiri.

Dalam psikologi, toxic relationship digambarkan pada ciri-ciri adanya kekerasan, individu tidak dapat menjadi diri sendiri, banyaknya tuntutan, dan merugikan satu pihak yang memiliki dampak besar dalam kesehatan mental.

Toxic relationship bisa terjadi dalam segala jenis hubungan, baik dalam hubungan asmara, keluarga, pertemanan, bahkan dalam hubungan pekerjaan. Rekan kerja yang toxic membuat aktivitas produktif kerja individu menurun, meningkatkan distress (stress negatif), timbul kecemasan, dan berpotensi menyebabkan depresi.

Tidak sedikit orang yang terjebak dalam hubungan yang toxic tidak mampu berbuat apa-apa, terlebih dalam hubungan pekerjaan. Konflik batin yang terjadi membuatnya rela mengambil keputusan yang terkadang merugikan diri sendiri.

Dilansir dari unggahan Instagram Insightme, terdapat empat cara menghadapi rekan kerja yang toxic:

1. Berbicara jujur dengan orang yang bersangkutan

Beritahukan dampak perilakunya terhadap kamu dan lingkungan kerjamu, dengan harapan perilakunya dapat berubah karena kamu berkata jurjur. Kalau kamu ragu, bisa sampaikan melalui surat atau sebagainya, bisa juga dengan memberinya hadiah, dsb.

2. Beritahukan atasanmu tentang kondisimu

Minta atasanmu untuk mengadakan pertemuan orang tersebut, jadikan atasanmu sebagai orang ketiga atau penengah dalam urusan mu dengannya.

3. Fokus pada pekerjaanmu

Dengan fokus mencapai goal pekerjaanmu, kamu akan terhindar dari dampak negatif rekan kerja yang toxic. Bersikap “bodo amat” pada orang yang toxic memang tidaklah mudah, namun jika kamu berhasil, mereka akan mengakui hasil dari kerja kerasmu.

4. Take care of yourself

Jika cara-cara diatas belum berhasil, kamu bisa mengikuti beberapa kelas online dibeberapa platform media sosial kesehatan, salah satunya adalah Ibunda.id. Jangan biarkan perilaku toxic rekan kerjamu mengganggu kesehatan fisik dan kesehatan mentalmu.


Editor: Daniel Simatupang