Ketika Imam Syafi’i Menulis dengan Jari di atas Telapak Tangannya dalam Majelis Ilmu Imam Malik

 
Ketika Imam Syafi’i Menulis dengan Jari di atas Telapak Tangannya dalam Majelis Ilmu Imam Malik
Sumber Gambar: Pinterest, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Dikisahkan di dalam Kitab Al-Manhaj As-Sawi, karya Habib Zein bin Ibrahim bin Smith, tentang Imam Syafi'i ketika mengikuti salah satu majelis ilmu Imam Malik bin Anas.

Ketika masih kecil, Imam Syafi'i pernah datang dan mengikuti salah satu majelis ilmu Imam Malik. Saat itu Imam Malik sedang menjelaskan Kitab Al-Muwattha’, yang merupakan salah satu karya monumentalnya. Imam Malik menyampaikan materi 18 Hadis lengkap dengan penjelasannya.

Pada saat menjelaskan, Imam Malik melihat sesosok anak kecil sedang memainkan jari-jari dan telapak tangannya di tengah kerumunan banyak orang. Ketika majelis ilmu selesai, Imam Malik memanggil sosok anak kecil tersebut dan bertanya nama serta dari mana ia berasal. Anak kecil tersebut memperkenalkan diri dengan nama Muhammad bin Idris As-Syafi’i kepada sang guru.

Imam Malik pun lantas mengungkapkan rasa penasarannya terhadap perilaku Imam Syafi’i tadi.

"Tadi aku lihat kamu memainkan jari-jarimu di atas telapak tanganmu. Benarkah itu?"

"Tidak, justru ketika engkau menjelaskan sebuah Hadis, maka aku menulisnya dengan jari di telapak tanganku. Apabila engkau menghendaki, aku akan menyampaikan kembali apa yang telah engkau ajarkan kepada kami," jawab Imam Syafi’i meyakinkan.

"Silakan!" perintah Imam Malik.

Sam'an wa Tho'atan. Dengan lancar Imam Syafi’i pun menjelaskan 18 Hadis yang dijelaskan Imam Malik dengan lengkap dan detail tanpa kesalahan sedikitpun. Menyaksikan hal tersebut, Imam Malik pun takjub dengan kecerdasan Imam Syafi’i yang saat itu masih kecil.

Imam Malik lalu berpesan, "Wahai Muhammad (bin Idris As-Syafi’i), bertakwalah kepada Allah SWT. Sungguh di waktu yang akan datang, kau akan menjadi orang besar."

Sejarah membuktikan kata-kata Imam Malik, bahwa kemudian Muhammad bin Idris As-Syafi'i menjadi sosok ulama Mazhab yang diikuti oleh mayoritas umat Islam di dunia dan beliau dikenal dengan sebutan Imam Syafi'i. Wallahu 'Alam. []


Catatan: Tulisan ini telah terbit pada tanggal 18 September 2021. Tim Redaksi mengunggah ulang dengan melakukan penyuntingan dan penyelarasan bahasa.

Editor: Hakim