Ibuku tidak Pernah Minta Maaf

 
Ibuku tidak Pernah Minta Maaf
Sumber Gambar: Foto Ist

Assalamu’alaikum wr wb

Menurut bapak apakah orang tua tidak diperbolehkan meminta maaf kepada anaknya ya pak ? Apakah harus anaknya saja yang selalu minta maaf baik ada salah maupun tidak bersalah ? Saya selalu bertanya tanya pak, mengapa ibu saya tdk pernh minta maaf ke saya ? Saya tidak pernah mendengar kata maaf dari ibu saya selain waktu lebaran saja pak. Mengapa saya selalu di bandingkan ya pak ? Apakah seorang anak harus sempurna di mata orang tua ya pak ? Saya tdk mengerti salah saya apa, tapi perkataan beliau yang selalu menyalahkan bahkan ketika saya diam saja beliau selalu menyalahkan. Bantu saya, Pak. Oh iya, saya perempuan Pak.

Wa’alaikum salam wr. wb.

V

Jawaban:

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Limpahan puji kehadirat Allah SWT yang telah memberikan berbagai macam anugrah dan kenikmatan kepada kita. Semoga hari-hari Anda senantiasa diberikan kebahagiaan dan keberkahan. Terima kasih atas kesediaan Anda bercerita kepada kami di sini, ini menunjukkan bahwa Anda memang ingin menyelesaikan masalah Anda. Ini hal baik karena artinya Anda sudah memiliki modal untuk keluar dari masalah ini.

Baca juga: Tuhan tidak Peduli Padaku

Orang tua tidak ada salahnya minta maaf ke anak jika memang salah. Hal itu justru bagus bagi hubungan orang tua dengan anak termasuk bagus juga bagi perkembangan anak sekaligus anak bisa melihat contoh dari orang tuanya dan menunjukkan orang tuanya tidak selalu merasa benar. Anak akan melihat banyak pelajaran misalnya bahwa jika salah maka harus minta maaf, jangan malu, gengsi atau takut untuk minta maaf. Anak juga belajar agar berjiwa besar dengan bersedia meminta maaf dan anak belajar untuk tidak selalu merasa benar.

Saya paham, Anda tentu merasa tidak nyaman dengan situasi seperti itu. Namun demikian, bagaimanapun kondisi Ibu Anda, beliau tetaplah orang yang sangat berjasa bagi Anda. Keberadaannya menjadi sebab adanya Anda di dunia. Melalui sebab beliaulah Anda menjadi lahir di dunia. Lantas karena kasih sayangnyalah Anda menjadi seperti sekarang. Sejak kecil sebelum Anda bisa mengingat dan belum bisa melakukan apapun sendiri, Ibu Anda dengan penuh kasih sayang merawat Anda tanpa lelah. Hingga Anda  besar saat ini.

Baca juga: Aku Sayang Temanku, Harus Bagaimana?

Semuanya beliau urus agar Anda tetap bisa bertahan hidup dengan sehat, baik-baik saja tanpa kekurangan. Oleh karenanya, Jika Anda merasa ada yg tidak pas dari perlakuan Ibu, maafkan beliau, doakan beliau semoga menjadi lebih baik menurut Anda. Pasti ada sebabnya mengapa beliau seperti itu. Saya pikir tidak perlu Anda larut dengan pemikiran itu. Lebih baik Anda fokus untuk berbakti pada Ibu, doakan beliau, dan terus menunjukkan kepada  beliau bahwa Anda anak yang baik dan bisa dibanggakan beliau. Anda mesti dengan penuh kesadaran dan bukan terpaksa untuk bersabar  karena kalau terpaksa justru akan memunculkan masalah baru.

Itu yang bisa saya sampaikan, mudah-mudahan ada manfaatnya dan semoga kehidupan Anda senantiasa bertambah baik dan diliputi berlimpah anugerah.

 

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Salam hormat
Dr. Muhammad Fakhrurrozi, M. Psi, Psi