Biografi Imam Ali bin Alwy bin Faqihul Muqaddam

 
Biografi Imam Ali bin Alwy bin Faqihul Muqaddam
Sumber Gambar: Dok. Laduni.ID

Daftar Isi Biografi Imam Ali bin Alwy bin Faqihul Muqaddam

1.         Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1       Lahir
1.2       Wafat
1.3       Keluarga

2.         Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau
2.1       Guru Beliau

3.         Teladan
3.1       Sosok yang Banyak Ibadah, Khalwat dan Melatih Diri

4.         Doanya yang Terkabul

5.         Zuhud

6.         Untaian Kata Para Ulama

7.         Referensi

Laduni.ID, Jakarta – Beliau As Sayyidina Imam, As Syeikhul Kabir Al Waliyu syahir Abu Hasan Nuruddin Ali bin Alwy bin Faqihul Muqaddam adik kandung dari imam Abdullah bin Ba’alawy, beliau ayah dari Imam Muhammad bin Ali Mauladawilah, ia dan Syeikh Abdullah Ba’alawy berasal dari satu ibu yaitu Syarifah Fatimah binti Ahmad bin Muhammad Shahib.

1. Riwayat Hidup dan Keluargai

1.1 Lahir

Beliau lahir dan tumbuh besar di kota Tarim.

1.2 Wafat

Beliau Imam Ali bin Alwy bin Faqihul Muqaddam meninggal di hari Rabu tanggal 17 Rajab tahun 709 H.

1.3       Keluarga

Beliau tidak meninggalkan anak laki kecuali Syeikh Muhammad bin Ali Mauladawilah dan beliau memiliki enam orang anak perempuan yang shalehah.yaitu : Maryam, Khadijah, Zainab, Aisyah, Bahiyah, dan Maniyah. Ibu mereka adalah Fatimah binti Sa’ad Balaits, ia juga termasuk ibu dari imam Muhammad bin Ali Mauladawilah, sepeninggal suaminya ia dikawini oleh kakak suaminya yaitu Syeikh Abdullah Ba’alawy, dari hasil pernikahan ini lahirlah dua anak Muhammad dan Ali, keduanya saudara Sayyidina Muhammad Mauladawilah dari selain ibu.

2.         Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau
2.1       Guru

Imam Ali bin Alwy bin faqihul Muqaddam melazimi ayahnya imam Alwy dan mengikuti pendidikanya.

3.         Teladan
3.1       Sosok yang Banyak Ibadah, Khalwat dan Melatih Diri

Beliau termasuk kalangan khusus para Arifin Billah dan Wali Qutub yang besar, beliau dikenal sebagai sosok yang banyak ibadah, Khalwat dan melatih diri. Beliau merupakan suri tauladan bagi para murid menuju jalan Allah, dan pembimbing bagi para Arifin Billah.

4. Doanya yang Terkabul

Ketika beliau berada di kota Mekkah berada di bawah Mizab beliau memohon kepada Allah agar mendapat seorang anak yang shaleh, saat itu juga beliau mendengar seruan : “Doamu telah terkabulkan, sekarang kembalilah ke negerimu.”

Sekembalinya beliau ke Tarim dan telah berlalu waktu yang agak lama beliau berdoa kembali memohon kepada Allah di salah satu Masjid di Tarim, ketika tenggelam dalam doanya rohani beliau diangkat ke langit dan disana beliau diberi kabar gembira akan adanya seorang anak, beliau berkata : “Aku menginginkan tanda-tandanya,” beliau diberi dua buah kertas lalu dikatakan padanya : “Letakkan salah satunya pada mata wanita buta yang ada di sebelah rumahmu, ia pasti dapat melihat kembali,” wanita itu asalnya buta tetapi setelah beliau meletakkan kertas di matanya ia dapat melihat kembali dan anak beliau adalah Muhammad Mauladawilah, salah satu kertasnya menghilang saat beliau belum kembali kepada kesadarannya.

5. Zuhud

Beliau menunaikan ibadah haji dan mengunjungi kakeknya Nabi Muhammad saw, dalam perjalanan itu muncullah berbagai macam keajaiban, memang beliau dikenal sebagai sosok yang banyak memiliki kekeramatan yang luar biasa dan penglihatan mata batin yang menakjubkan, beliau juga memakaikan baju sufi kepada sebagian kalangan orang-orang shaleh, beliau adalah orang yang banyak khalwat terutama banyak melakukannya di daerah kuburan Nabi Hud as, beliau melakukanya selama tiga bulan berturut-turut Rajab Sya’ban dan Ramadhan, beliau juga dikenal sebagai orang yang hidupnya zuhud akan materi duniawi.

6. Untaian Kata Para Ulama

Muhammad bin Abi Mas’ud berkata : “Suatu kali beliau pernah mendapat hadiah harta yang banyak lalu aku mendengar beliau berkata : “Ali bin Alwy bersebelahan dengan materi duniawi, ya Allah pindahkanlah aku darinya.” Dua atau tiga bulan kemudian beliau meninggal dunia.

Syeikh Ibrahim Baqusyair berkata : “Aku pernah bermimpi melihat Syeikh Ali bin Alwy lalu aku bertanya : “Apa yang Allah perbuat terhadapmu?” Beliau menjawab : “Orang yang tercinta tidak kuwatir terhadap apapun.”

7. Referensi

Riwayat Hidup Para Wali dan Shalihin (Penerbit: Cahaya Ilmu Publisher).

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya