Destinasi Religi Kediri, Ziarah Makam Syekh Ihsan Jampes

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Destinasi Religi Kediri, Ziarah Makam Syekh Ihsan Jampes
Sumber Gambar: Worldorgs.com

Laduni.ID, Jakarta – Syekh Muhammad Ihsan bin Muhammad Dahlan al-Jampesi al-Kadiri al-Jawi asy-Syafi'i atau akrab dikenal dengan Syekh Ihsan Jampes merupakan seorang ulama besar pada zamannya. Beliau lahir di Jampes, Kediri, Jawa Timur pada tahun 1901.

Beliau merupakan putra kedua dari pasangan pendiri Pondok Pesantren Jampes (sekarang berganti nama menjadi Pondok Pesantren Al-Ihsan), KH. Dahlan bin Saleh dengan Nyai Artimah.

Syekh Ihsan Jampes merupakan seorang ulama yang ahli di bidang fikih, falak, hadis, tasawuf, dan beberapa bidang ilmu lainnya. Beliau juga dikenal sebagai ulama sufi yang namanya sangat masyhur sebagai pengasuh Pondok Pesantren al-Ihsan Jampes, ditambah setelah mengarang kitab Siraj Al-Thalibin.

Karya beliau, Kitab Siraj at-Thalibin yang dikarang pada tahun 1933 menjadi bidang ilmu yang dipelajari hingga perguruan tinggi, seperti Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir.

Lokasi Makam

Syekh Ihsan Jampes wafat pada Senin, 25 Dzulhijjah 1371 H atau 16 September 1952 pada pukul 12 siang. Beliau dimakamkan pada sore harinya tepat sebelah makam sang ayah, Syekh Dahlan. Makam beliau terletak di pemakaman khusus Dusun Jampes, Desa Putih, Kecamatan Gampengrejo, Kediri, Jawa Timur.

Berjarak 900 meter atau lima menit perjalanan dengan berjalan kaki dari Pondok Pesantren Al-Ihsan Jampes. Sekitar 15 menit perjalanan dari Alun-Alun Kabupaten Kediri.

Sumber foto: Arif N Julian, FB Alief Gsk, Twitter @irulku


Editor: Daniel Simatupang