Biografi Al Imam Nuruddin Ali bin Alwy bin Ahmad

 
Biografi Al Imam Nuruddin Ali bin Alwy bin Ahmad
Sumber Gambar: Dok. Laduni.ID

Daftar Isi Biografi Al Imam Nuruddin Ali bin Alwy bin Ahmad

1.         Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1       Lahir
1.2       Wafat
1.3       Keluarga

2.         Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau
2.1       Guru Beliau
2.2       Murid Beliau

3.         Teladan
3.1       Sosok yang Banyak Berdzikir dan Membaca Al-Qur’an

4.         Keistimewaan Beliau
5.         Referensi

Laduni.ID, Jakarta – Beliau As Sayyid Al Imam Al Wali Al Mukasyif Syamsuddunya Nuruddin Ali bin Alwy bin Ahmad bin Faqihul Muqaddam, beliau adalah seorang yang berkedudukan tinggi di sisi Allah, memiliki kekeramatan yang luar biasa, keadaan yang menakjubkan, budi pekerti yang sangat luhur, mengemban rahasia illahi dan berkepribadian yang luar biasa.

1.         Riwayat Hidup dan Keluargai
1.1       Lahir

Beliau Al Imam Nuruddin Ali bin Alwy bin Ahmad lahir di kota Tarim.

1.2       Wafat

Beliau Imam Al Imam Nuruddin Ali bin Alwy bin Ahmad meninggal dunia di Mekkah.

1.3       Keluarga

Beliau meninggalkan seorang Anak puteri yang bernama Fatimah dan dua orang anak lelaki yang termasuk ulama besar yaitu Muhammad wafat di pegunungan Yaman dan Abu Bakar yang telah diisyaratkan oleh Ayahnya sebelum Beliau menikahi Ibunya bahwa Abu Bakar akan belajar pada Al Faqih Muhammad bin Isa Al Hubaisyi di Aden.

Setelah menginjak dewasa Abu Bakar pergi ke Aden dan bertemu Al Faqih Muhammad itu, lalu Ia berkenalan dengannya,setelah mengenalnya Ia memberitahukan wasiat Ayahnya untuk menimba ilmu darinya. Dialah yang menjawab pertanyaan penguasa yang menguji kepandaian gurunya, padahal kala itu Al Faqih Muhammad dan murid-muridnya kebingungan menjawab pertanyaan itu. As Sayyid Abu Bakar bin Ali wafat di kota Aden.

2.         Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau
2.1       Guru

Beliau menimba ilmu dhahir dan tasawuf dari beberapa ulama di antaranya Al Faqih Abdullah Ayah dari Al Faqih Fadl dan Pamannya Al Faqih Sa’ad juga Syeikh Muhammad bin Abu Bakar Abad.

Imam Al Imam Nuruddin Ali bin Alwy bin Ahmad menimba ilmu dari ulama-ulama besar hijaz, Mesir, Yaman, Syam, Irak, Maghrib dan India, dikarenakan masa yang terlalu lama kakak Beliau Sayyid Al Faqih Muhammad bin Alwy menulis sepucuk surat kepada Beliau yang memberitakan tentang Anak-Anaknya, Beliau membalasnya dengan jawaban tentang keasyikan Beliau duduk bersama para ulama tersebut dan hasil mu’amalah Beliau kepada Allah juga hal ini yang membuat Beliau sibuk dari urusan duniawi ataupun penghuninya.

2.2       Murid Beliau

Di antara ulama yang menimba ilmu pada Beliau adalah Syeikh Abul Abbas Fadl bin Abdullah, Ia menimba banyak ilmu dan mengambil keberkahan Beliau, di antara kitab yang dipelajarinya adalah kumpulan khutbah Ibnu Nabatah, meski demikian Beliau merasa dirinya tidak pantas untuk mengajar.

3.         Teladan
3.1       Sosok yang Banyak Berdzikir dan Membaca Al-Qur’an

Beliau sosok yang banyak berdzikir dan membaca Al Qur’an, terkadang Beliau mengulangi satu ayat berkali-kali bahkan pernah mengulangi firman Alloh,

فَأُوْلَٰٓئِكَ لَهُمُ ٱلدَّرَجَٰتُ ٱلۡعُلَىٰ ٧٥

Maka bagi mereka diberi kedudukan yang tinggi. (Qs.Thahaa,75).

Hingga Beliau pingsan selama sehari penuh,lalu ayat ini dibaca kembali oleh Sayyid Muhammad bin Ahmad hingga akhirnya Beliau siuman, memang si pembaca suaranya indah.

Beliau dikenal sebagai orang yang banyak beribadah dan terbawa dalam getaran hatinya, suatu kali Beliau pernah melempar diri dari atas rumahnya hingga terjatuh tetapi tidak terluka sedikitpun, Beliau melakukan ini karena mendengar bait qosidah,

“Hati telah terpenuhi rasa cinta pada sang kekasih.
Hingga tiada tempat bagi yang lain di dalamnya.”

 4.        Keistimewaan Beliau

Pernah selama 40 hari tidak mengkonsumsi makanan kecuali satu setengah genggam gandum saja, juga pernah menghilang selama tujuh hari, saat dicari oleh keluarganya mereka mendapatkannya sedang shalat di lembah Nu’air.

5.         Referensi

Riwayat Hidup Para Wali dan Shalihin (Penerbit: Cahaya Ilmu Publisher).

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya