Biografi Imam Muhammad bin Umar bin Muhammad (Abu Murayyim)

 
Biografi Imam Muhammad bin Umar bin Muhammad (Abu Murayyim)
Sumber Gambar: Dok. Laduni.ID

Daftar Isi Biografi Imam Muhammad bin Umar bin Muhammad (Abu Murayyim)

1.         Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1       Lahir
1.2       Wafat
1.3       Keluarga

2.         Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau
2.1       Guru Beliau
2.2       Murid Beliau

3.         Teladan
3.1       Sosok yang Ikhlas Mengajar

4.         Julukan Abu Murayyim

5.         Karamah Beliau

6.         Referensi

Laduni.ID, Jakarta – Beliau Syarif Alamul ulama A’laam Syeikhu Masyaikhil Islam Qudwatul Anam Za Zahid Al Wari’ Al Abid An Nasik, Al Imam Jamaluddin Muhammad bin Umar bin Muhammad bin Ahmad bin Faqihul Muqaddam.

1. Riwayat Hidup dan Keluargai
1.1       Lahir

Beliau lahir dan tumbuh besar di kota Tarim.

1.2       Wafat

Beliau meninggal dunia setelah selesai wudhu dan menjalankan shalat isya, pada malam Kamis 10 Rabiul Awal tahun 822 H, yang menshalati jenazahnya adalah sahabatnya Muhammad bin Hasan Jamalulail, beliau dikuburkan di kota Tarim, kuburnya terkenal di pemakaman Zambal.

1.3       Keluarga

Beliau meninggalkan seorang puteri yang bernama Murayyim. Puteri beliau dinikahi oleh Sayyid Saleh Abdullah bin Ahmad bin Ali bin Muhammad bin Ahmad bin Faqihul Muqaddam, ia melahirkan Abdurrahman, Mubarak, dan Fatimah, Abdurrahman inilah ayah dari Al Imam Al Qutub Muhammad bin Abdurrahman Al Asqa, yang dikatakan oleh Syeikh Ali bin Abu Bakar : “Metode ajaran Al Faqih Muhammad ini dapat memahamkan meskipun itu seekor keledai, andaikan aku tidak khawatir gangguan anjinng di jalanku menuju tempatnya pasti aku berusaha untuk belajar kepadanya.”

2. Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau
2.1       Guru

Beliau menimba ilmu dari As Sayyid Al Allamah Muhammad bin Alwy bin Ahmad, beliau juga melazimi Al Imam Assegaf, menimba ilmu dari Syeikh Al Faqih Muhammad bin Abu Bakar Ba Abad dan lama mendampingi Sayyid Jamalulail Bahsin, Sayyid Jamalulail berkata : “Aku telah mendampingi Al Faqih Muhammad bin Umar ini selama empat puluh tahun atau lebih tidak pernah aku melihatnya marah.”

Syeikh Abdurrahman Assegaf berkata : “Andaikan Ijtihad Muhammad bin Umar dalam beribadah menghantam gunung pasti akan menghancurkannya.”

Beliau juga termasuk murid Syeikh Ali bin Abu Bakar, beliau belajar kitab Ihya’ kepada Syeikh Ali sebanyak empat kali, beliau adalah ayah dari Maula Syubaikah.

2.2       Murid Beliau

Beliau telah mengkader delapan ratus orang semuanya mengkhatamkan Al Qur’an melalui tangan beliau sendiri, jarang sekali yang mengulangi penulisan Al Qur’an justru justru menghatamkannya satu kali dengan penulisan lima ayat lima ayat, setiap yang telah khatam lalu belajar pada beliau seperempat kitab Tambih dan sebagian lagi ada yang belajar sampai menjadi ahli fiqih.

3. Teladan
3.1       Sosok yang Ikhlas Mengajar

Setiap malamnya beliau membaca dua pertiga Al Qur’an, inilah wirid beliau di malam hari lain lagi dengan shalatnya, apalagi yang ibadahnya antara maghrib dan isya dan setelah subuh.

Setiap kali hendak shalat fardhu beliau selalu mandi, terkadang beriktikaf di masjid dari saat shalat tahajud sampai shalat dhuha, lalu beliau berangkat menuju aktifitasnya mengajar Al Qur’an ikhlas karena Allah, kepada anak anak kecil maupun yang sudah baligh, setelah selesai lalu beliau pulang ke rumah lalu tidur sejenak, di siang hari beliau shalat dhuhur lalu mengajar Al Qur’an sampai mendekati maghrib kemudian beriktikaf di masjid sampai shalat isya, selanjutnya beliau menjalankan shalat sunnah yang telah diriwayatkan fadilahnya, kemudian kembali ke rumahnya dan berbuka puasa mendekati waktunya karena beliau terbiasa puasa tanggal 13, 14, 15 tiap bulannya, di samping hari senin, kamis, jum’at dan bulan Rajab secara keseluruhan.

4. Julukan Abu Murayyim

Beliau termasuk ahli fiqih yang mencapai derajat ijtihad, ulama yang sempurna, ahli ibadah terutama shalat, puasa dan pembacaan Al Qur’an, beliau dijuluki Abu Murayyim karena member nama puterinya Abu Murayyim, beliau juga dikenal sebagai shahibul mushaf karena beliau memakmurkan masjid Mushaf yang ada di kota Qasam.

5. Karamah Beliau

Beliau memiliki kekeramatan yang luar biasa di antaranya sewaktu meninggal dunia para hadirin mendengar sebuah suara dari liang kubur yang membacakan ayat :

يُبَشِّرُهُمْ رَبُّهُمْ بِرَحْمَةٍ مِّنْهُ وَرِضْوَانٍ وَّجَنّٰتٍ لَّهُمْ فِيْهَا نَعِيْمٌ مُّقِيْمٌۙ (٢١)

خٰلِدِيْنَ فِيْهَآ اَبَدًا ۗاِنَّ اللّٰهَ عِنْدَهٗٓ اَجْرٌ عَظِيْمٌ (٢٢)

Tuhan mereka menggembirakan mereka dengan memberikan rahmat dari padaNya, keridhaan dan surga, mereka memperoleh didalamnya kesenangan yang kekal, mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Sesungguhnya di sisi Allah-lah pahala yang besar. Qs. At Taubah : 21-22).

6. Referensi

Riwayat Hidup Para Wali dan Shalihin (Penerbit: Cahaya Ilmu Publisher).

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya