Biografi Imam Ahmad bin Alwy Bajahdab

 
Biografi Imam Ahmad bin Alwy Bajahdab
Sumber Gambar: Dok. Laduni.ID

Daftar Isi Biografi Imam Ahmad bin Alwy Bajahdab

1.         Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1       Lahir
1.2       Wafat

2.         Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau
2.1       Guru Beliau

3.         Pujian Para Ulama kepada Beliau

4.         Karamah Beliau

5.         Referensi

Laduni.ID, Jakarta – Beliaulah sosok panutan bagi para wali, mahkota para asfiya’, guru para guru, lautan hakikat, sumber segala sifat terpuji, Imam ahli syariat dan penerang bagi ahli tarekat, Al Imam Ahmad bin Alwy bin Mu’allim Muhammad bin Abdurrahman bin Muhammad bin Syeikh Abdullah Ba’alawy, Beliau dikenal dengan julukan Kakeknya Bajahdab.

1. Riwayat Hidup dan Keluargai
1.1       Lahir

Beliau Imam Ahmad bin Alwy Bajahdab dilahirkan di kota Tarim.

1.2       Wafat

Beliau meninggal dunia pada hari selasa sepuluh terakhir bulan Ramadhan tahun 973 H di kota Tarim, kubur beliau termasuk aset ziarah.

2. Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau
2.1       Guru Beliau

Beliau menuntut ilmu fiqih pada beberapa ulama di antaranya Al Qadi Ahmad bin Ali bin Alwy Khirid (Ahmad Syarif), Al faqih Abdullah bin Abdurrahman Balhaj BaFadl. Sedangkan ilmu tasawuf  Beliau timba dari Syeikh Abdurrahman bin Ali, ilmu hadits Beliau timba dari Al Allamah Muhammad bin Alwy Khirid penulis kitab Al Ghurar.

Beliau mencurahkan perhatiannya pada ilmu tasawuf dan memperbanyak bacaan buku Ihya, Risalah Qusyairiyah dan buku-buku tasawuf lainnya. Beliau hafal Al Qur’an, Al Jazariyah, hadits Arbain Nawawi, Akidah Imam Ghazali dan sebagian dari kitab Minhaj.

3. Pujian Para Ulama Kepada Beliau

Beliau dipuji dan ditulis biografinya oleh para guru dan para ulama besar, di antara yang menulis biografi Beliau, memuji dan mengaanggapnya sebagai gurunya adalah Al Imam Al Arif Billah Ahmad Al Husain bin Syeikh Abdullah Al Aydrus.

Di antara ucapan Imam Ahmad ini mengenai Beliau adalah, bertawasullah kepada Alloh melalui Sayyid yang terpandang, berakhlak mulia, berkedudukan tinggi, yang dikhususkan dengan anugerah-anugerah yang tinggi, sumber ilmu mustofawi, yang menempati hak-hak tarekat dan tahqiq, wara’ dan zuhud, termasuk sosok yang sempurna akalnya, pencari kedudukan yang tinggi, Beliaulah Syihabuddin Ahmad bin Alwy, semoga Alloh mengalirkan pada kita keberkahan Beliau dan Aku bersyukur kepada Alloh karena mengenal dan mendampingi Beliau, jarang sekali di zaman kita ini orang semisal Beliau, bahkan tak seorangpun yang mendapat kedudukan seperti halnya,Beliaulah tempatnya dan inti sarinya.

Di antara yang menulis biografi Beliau adalah Sayyid Baharun yang tinggal di Ahmad Abad, murid Imam syeikh bin Abdullah Al Aydrus, Ia menyebutkan dalam kitabnya kalau tidak salah bernama Unsus Salikin, dlm kitab itu Ia menyebutkan kekeramatan Beliau yang luar biasa.

Aku pernah mendengar guru kami Al Imam Al Habib Abdullah bin Alwy Al Haddad sendiri pernah berkata tentang Beliau, Di antara yang berhasil meraih kedudukan Sidhqiyyatul Kubra dari kalangan Bani Alawy adalah Sayyid Ahmad Bajahdab.

Di akhir usianya Beliau mengalami kebutaan dan melazimi iktikaf di bagian samping masjid Bani Alawy, menjelang kematiannya Beliau mendapatkan kerohanian yang kuat hingga tak sadarkan diri selama empat hari tidak makan dan tidak minum juga tidak berbaring sama sekali, hal ini dipaparkan oleh Al Allamah Abdul Qadir bin Syeikh Al Aydrus.

Juga diceritakan dari Syeikh Al Wali Abdurrahman bin Umar Al Amudi pernah berkata tentang Sayyid Ahmad bin Alwy ini, Beliau termasuk kalangan pembesar para wali yang disebutkan dalam Qusyairiyah, karena kesederhanaan,kewaroan dan keistiqomahannya.

Hal ini diriwayatkan oleh Sayyid Abdul Qodir Dalam bukunya Nurus Saafir An Ahbar Ahlil Qarnil Asyir.

4. Karamah Beliau

Beliau memiliki kekeramatan yang luar biasa di antaranya sewaktu hendak menunaikan ibadah haji melalui perjalanan laut, Beliau meminum air laut lalu sebagian orang meminum bekas minuman Beliau itu dan ternyata airnya tawar tidak asin.

Adapun cerita kezuhudan Beliau merupakan bentuk cerita yang bahkan tidak pernah dijumpai dalam biografi para wali besar yang melibihi dari ceritanya, oleh karena itu cerita dan kekeramatan Beliau sulit untuk dituangkan semuanya dalam bentuk tulisan.

5. Referensi

Riwayat Hidup Para Wali dan Shalihin (Penerbit: Cahaya Ilmu Publisher).

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya