Ziarah Makam Habib Hasyim bin Umar bin Yahya

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Ziarah Makam Habib Hasyim bin Umar bin Yahya
Sumber Gambar: Dok. Laduni.ID (ist)

Laduni.ID, Ngawi – Habib Hasyim bin Umar bin Yahya adalah kakek dari Habib Luthfi bin Yahya, beliau lahir di Indramayu, Jawa Barat. Ayah Habib Hasyim, Habib Umar merupakan ulama besar Musnidud Dunya fi Zamanihi.

Habib Hasyim merintis dakwah dengan mendirikan pesantren dan madrasah pendidikan pertama di Pekalongan. Beliau juga seorang mursyid thoriqoh Qodliriyah an Naqsabandiyah di masanya, salah satu murid beliau adalah sang pendiri NU, Hadratussyekh KH Hasyim Asy’ari.

Konon ketika mengikuti majelis rutin thoriqoh Habib Hasyim, Mbah Hasyim Asy’ari selalu hadir bersama Raden Mas Sujadi (Sultan Hamengkubuwono VIII) Sultan Yogyakarta ke-8. Ketika hendak mendirikan Jam’iyyah Nahdlatul Ulama, Mbah Hasyim Asy’ari diperintah oleh para guru Ahlussunnah untuk meminta do'a restu kepada dua Auliya' Allah, Habib Hasyim bin Umar bin Yahya Pekalongan dan Syaikhona Kholil bin Abdul Lathif Bangkalan, Madura.

Habib Hasyim wafat pada tahun 1350 H, beliau meninggalkan masjid, pondok pesantren dan madrasah beserta kitab beberapa lemari dan dua jubahnya. Satu jubah untuk shalat bergantian dan satunya yang dipakai sewaktu meninggal. Pakaian Habib Hasyim yang baru banyak diberikan kepada masyarakat yang tidak mampu.

Lokasi Makam

Makam Habib Hasyim bin Umar bin Yahya terletak di Komplek Makam Sapuro, Pekalongan Barat, Pekalongan. Namanya dikenal dan dihormati oleh ulama-ulama dunia, beberapa tahun lalu setelah Konferensi Ulama Internasional digelar, beberapa ulama dunia pergi berziarah ke makam kakek Maulana Habib Luthfi tersebut.

Mereka yang berziarah diantaranya Syaikh Aun Mu’in al-Qaddumi (Yordania), Syaikh Adam Syahiduv (Chechnya), Syaikh Usama Abdul Razzaq Ar-Rifa’i dan Syaikh Riyadh Hasan Bazo (Lebanon).

Di kompleks Makam Sapuro, makam Habib Hasyim tak terlihat dari jalan, makamnya berada di tengah-tengah kompleks makam. Para pziarah harus melewati pemakaman umum terlebih dahulu sebelum akhirnya tiba di makam Habib Hasyim.

Dilansir dari berbagai sumber

Sumber foto: FB Majlis Ta’lim Darul Hasyimi Yogyakarta


Editor: Daniel Simatupang