Tips Move On Setelah Dighosting

 
Tips Move On Setelah Dighosting
Sumber Gambar: Foto Ist

Assalamu'alaikum mbak Nur.
Saya D, cewek, umur 23 tahun. Mau curhat nih, saya saat ini sedang merasa sangat sedih karena dighosting oleh cowok saya setelah 1 tahun pacaran. Dia tiba - tiba menghilang tanpa penjelasan dan susah dihubungi dalam 3 bulan ini. 

Selama satu tahun pacaran itu pun saya belum dikenalkan keluarganya, jadi tidak bisa menanyakan tentang dia kepada keluarganya. Apa yang harus saya lakukan ya mbak ? Saya kesulitan untuk move on, rasanya sedih, kecewa, marah, dan benci. Saya ingin segera move on.
Mohon saran - sarannya ya mba Nur.  Terima kasih sebelumnya.

D di Tangerang

Tanggapan :
Wa'alaikumsalam wr wb.
Hai D yang baik. Sedih dan sakit banget ya rasanya, ketika hubungan dekat yang selama ini baik - baik saja, eh tiba - tiba si dia menghilang begitu saja tanpa ada penjelasan apapun. Perlu menjadi catatan buat kamu adalah bahwa hal ini tidak boleh menjadikan trauma, hilang harapan atau hilang kepercayaan akan cinta. Bisa jadi, selama ini kamu berdoa untuk diberikan yang terbaik dan bisa membimbingmu, sedangkan dia bukanlah yang terbaik menurut Allah sehingga dipisahkanlah kalian berdua dengan cara - Nya. Yakinlah Tuhan telah mempersiapkan pengganti yang lebih baik.

Baca juga: Hal-Hal yang Harus Diperhatikan dalam kehidupan Pasca Menikah dari Sisi Psikologis

Naaah, buat D dan mungkin teman - teman yang sedang merasakan sakitnya dighosting, mba Nur share beberapa cara untuk move on ya. Simak tips - tipsnya berikut ini :

1. Terima dengan lapang dada
Langkah pertama yang harus kamu lakukan setelah dighosting adalah, menerima dengan lapang dada peristiwa ini. Jadikan ini pembelajaran untuk memperbaiki dan memantaskan diri mendapatkan yang terbaik.

2. Stop menyalahkan diri sendiri
Saat ada orang yang meninggalkanmu, kemungkinan ia menemukan ketidakcocokan denganmu. Tetapi, bukan berarti kamu tidak pantas dicintai oleh orang lain. Buka mata dan perluaslah pandanganmu, maka kamu akan menemukan orang-orang yang menyayangi dan peduli padamu. Ingat kamu hanya kehilangan orang yang tidak benar - benar mencintaimu, tetapi dia kehilangan orang yang mencintainya.

Baca juga: Cinta Atau Hanya Sekedar Suka

3. Lakukan aktivitas positif
Pulihkan diri dengan melakukan aktivitas - aktivitas yang dapat menumbuhkam hormon - hormon kebahagiaan. Misalnya olah raga, travelling, memasak, shoping, meditasi atau hal - hal apapun yang bisa mengalihkan perhatianmu dari masalah ghosting.

4. Buka pergaulan seluas - luasnya.
Tak perlu berlama - lama mengurung diri, setelah dighosting ya. Ajak atau terima ajakan teman - teman untuk hang out. Ikuti kegiatan - kegiatan keorganisasian yang tentunya bisa menambah wawasan dan memperluas pergaulanmu.

Baca juga: Mengharap Laki-Laki Lain

5. Berdoa pada Allah
Berdoa memiliki peran yang besar dalam proses pemilihan pasangan terbaik untukmu, karena baik menurut pandanganmu belum tentu baik dalam pandangan Allah.
Berdoa juga memberimu ketenangan yang penting untuk pemulihan luka batin dan proses move on-mu.

Penting untuk diingat, bahwa masih ada begitu banyak orang yang belum kamu kenal, masih banyak hal yang belum kamu alami, jadi jangan membatasi dirimu apabila mengalami peristiwa - peristiwa tidak menyenangkan. Yakinlah, suatu saat nanti akan hadir orang terbaik yang bisa menerimamu apa adanya.

Semoga membantu ya.
Semangat.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

Nur Chasanah, S. Psi
Pengampu Konsultasi Remaja siap Nikah Usia 25 Tahun