Biografi KH. Ahmad Sodiq Mukhtar Idris

 
Biografi KH. Ahmad Sodiq Mukhtar Idris
Sumber Gambar: foto istimewa

Daftar Isi

1     Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1  Lahir
1.2  Wafat

2     Sanad Ilmu dan Pendidikan
2.1  Masa Menuntut Ilmu
2.2  Guru-Guru Beliau
2.3  Mengasuh Pesantren

3     Organisasi
3.1  Riwayat Organisasi

4     Kisah-kisah
4.1  Pengasuh Gus Baha

5    Mursyid Tarekat Syadziliyah
6    Referensi

 

1.  Riwayat Hidup dan Keluarga

1.1 Lahir
KH. Ahmad Sodiq Mukhtar Idris Al Hafidz yang dipanggil Abah Sodiq oleh para santrinya, lahir pada 3 April 1960. KH. Ahmad Sodiq Mukhtar Idris berasal dari desa Brabo, Grobogan. Beliau adalah Pengasuh Pondok Pesantren Al Ihsan, Beji, Kedungbanteng, Banyumas, Jawa Tengah.  KH. Ahmad Sodiq Mukhtar Idris merupakan salah satu 'Kiai Al-Qur'an' yang dimiliki Banyumas.

1.2 Wafat
Beliau wafat pada tanggal 18 November 1900 dalam usia 60 tahun meninggalkan istri dan lima orang anak.

2.  Sanad Ilmu dan Pendidikan

2.1 Masa Menuntut Ilmu
KH. Ahmad Sodiq Mukhtar Idris adalah alumni Pesantren Roudlotul Tholibin, Jragung, Karangawen, Demak asuhan KH Muhammad Marwan dan Pesantren As-Shiddiq, Narukan, Kragan, Rembang, asuhan KH Chumaidi yang tidak lain adalah pesantren paman KH Bahaudin Nur Salim.

2.2 Guru-Guru Beliau
Guru-guru beliau sewaktu beliau menuntut ilmu di pesantren adalah:

  1. KH. Muhammad Marwan
  2. KH. Chumaidi

2.3 Mengasuh Pesantren
Beliau pengasuh Pondok pesantren Al Ihsan Beji, Kedungbanteng dan Ketua Jatman Kab. Banyumas.  Beliau meneruskan estafet dari Mbah Kiai Abu Hamid yang tidak lain adalan mertuanya.

3.  Organisasi

3.1 Riwayat Organisasi
Ketua Jatman Kab. Banyumas 2 periode.

4.  Kisah-kisah

4.1 Pengasuh Gus Baha
"Banyak yang tidak tahu, Kiai Sodiq itu tukang momong Gus Baha (Bahaudin Nursalim) yang sekarang sedang viral. Itu saat Kiai Sodiq tabarukan dengan Kiai Nursalim ayahanda Gus Baha," kata  Muhammad Sa’dulloh, Sekretraris Lembaga Bahtusl Masail (LBM) NU Banyumas.  Cerita itu, tutur Sa'dulloh didengar langsung dari KH. Ahmad Sodiq Mukhtar Idris. "(Gus) Baha iku momonganku. Yo ngedusi, yo mulang ngaji Safinah mbarang (Gus Baha itu asuhan saya. Ya memandikan, mengajar ngaji Kitab Safinah, kitab dasar syariat yang diajarkan di pesantren) juga," katanya menirukan KH. Ahmad Sodiq Mukhtar Idris

5.  Mursyid Tarekat Syadziliyah

 Selain mengasuh santri penghafal Alquran di Pesantren Al Ikhsan, KH. Ahmad Sodiq Mukhtar Idris adalah seorang mursyid Tarekat Syadziliyah dan mendapat amanah sebagai Rais Idaroh Syubiyah Jamiyah Ahlith Thoriqoh Al Mutabaroh An-nahdliyah (Jatman) Kabupaten Banyumas selama dua periode.

“Beliau seorang mursyid tarekat Syadziliyah bersumber dari almaghfurlah KH Abu Hamid (mertua beliau) dari Kiai M Samiun dan KH Abdul Mutholib Kaliwungu,” tutur salah seorang kerabat, Ahmad Syaifudin 

6.  Referensi

https://uninus.ac.id/abah-sodiq-kiai-al-quran-pengasuh-gus-baha/

 


 

Artikel ini sebelumnya diedit tanggal 08 Desember 2021, dan terakhir diedit tanggal 08 September 2022.

 

Lokasi Terkait Beliau

List Lokasi Lainnya