5 Tips Sukses Elon Musk untuk Anak Muda

 
5 Tips Sukses Elon Musk untuk Anak Muda
Sumber Gambar: AFP Photo/Britta Pedersen

Laduni.ID, Jakarta – Nama Elon Musk seakan tak pernah surut dari hiruk pikuk pemberitaan internasional. Sosok yang disebut-sebut sebagai Iron Man di dunia nyata ini hadir dengan caranya sendiri, baik itu bisnis, inovasi, temuan kontemporer terbaru, atau bahkan sikap kontroversinya.

Elon Musk masuk ke dalam daftar orang terkaya di dunia, pendiri SpaceX dan Tesla ini tak jarang kerap memberikan tips dan nasihat kepada kaum muda seperti pelajar dan mahasiswa yang ingin sukses di bidangnya.

Salah satunya ialah saat diundang Lex Friedman untuk berbincang-bincang dalam podcastnya. Dilansir dari Detikinet (2/1/2022) Musk sempat ditanya tentang nasihat apa yang dapat ia berikan kepada pelajar dan mahasiswa yang ingin memberikan dampak positif di dunia. Musk memberikan lima tips untuk anak muda yang ingin sukses di bidangnya.

1. Menjadi berguna

Musk mengatakan bahwa berguna bagi sesama dan memiliki manfaat bagi sekitarnya adalah sebuah kehidupan yang layak dijalani.   

“Lakukan sesuatu yang berguna bagi sesama manusia, bagi dunia. Sulit menjadi orang yang berguna, sangat sulit,” kata Musk.

Apa yang diyakini Musk itu juga sejalan dengan hadis Rasulullah SAW, beliau bersabda,

خَيْرُ النَّاسِ أَنْفَعُهُمْ لِلنَّاسِ

“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia (lainnya).” (HR. Jabir)

2. Banyak berkontribusi

Selanjutnya Musk menyebutkan bahwa seseorang harus dapat lebih banyak berkontribusi kepada masyarakat, kontribusi tersebut harus lebih besar dari apa yang ia terima.

“Cobalah untuk memberikan kontribusi yang positif kepada masyarakat. Itu adalah sesuatu yang harus dituju,” ucapnya.

Allah SWT juga memerintahkan kepada hamba-Nya untuk senantiasa berbuat kebaikan, di mana pun tempatnya. Allah berfirman:

وَلِكُلٍّ وِّجْهَةٌ هُوَ مُوَلِّيْهَا فَاسْتَبِقُوا الْخَيْرٰتِۗ

Artinya: “Dan setiap umat mempunyai kiblat yang dia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah kamu dalam kebaikan.” (QS. Al-Baqarah: 148)

3. Jangan mendoba jadi pemimpin

Musk mengatakan bahwa jangan pernah mencoba-coba jadi pemimpin, sebab pemimpin bukan hanya untuk gaya-gayaan semata.

“Seringkali, orang yang kalian inginkan untuk menjadi pemimpin adalah orang-orang yang tidak ingin menjadi pemimpin,” kata Musk.

Menjadi pemimpin artinya memikul tanggung jawab besar, terutama hal berkaitan dengan keadilan. Islam tidak hanya menuntut seorang pemimpin berbuat adil, melainkan seluruh manusia pada umumnya. Allah berfirman:

إِنَّ اللَّهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْإِحْسَانِ وَإِيتَاءِ ذِي الْقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ

Artinya: “Sungguh Allah memerintahkan (kamu) untuk berbuat adil dan berbuat baik.” (Surat An-Nahl ayat 90)

4. Perluas wawasan

Musk sangat menyarankan kepada para anak muda untuk banyak membaca. Sejak kecil Musk sangat rajin membaca, itulah kunci Musk dalam meraih kesuksesan.

“Cobalah untuk mencerna informasi sebanyak yang kalian bisa, dan cobalah untuk mengembangkan pengetahuan umum yang baik sehingga kalian setidaknya memiliki gambaran kasar tentang lanskap pengetahuan,” katanya.

KH. Ahmad Bahauddin Nursalim (Gus Baha) pernah mengatakan dalam sebuah majelis, banyak membaca membuat seseorang lebih bijaksana dan tak mudah menyalahkan orang lain.

“Kata Sayid Muhammad, ketika manusia banyak membaca maka akan kaya refrensi dan tidak mudah ingkar atau menyalahkan orang lain,” kata Gus Baha dikutip dari NU Online (20/9/2021).

5. Banyak berinteraksi dengan orang lain

Tips terakhir yang dibagikan Musk adalah untuk banyak berbicara dengan orang yang memiliki latar belakang berbeda.

“Bicaralah dengan orang-orang dari berbagai lapisan masyarakat dan industri serta profesi dan skill yang berbeda. Belajarlah sebanyak mungkin,” pungkasnya.


Editor: Daniel Simatupang